Cari Blog Ini

Jumat, 06 Desember 2019

DAFTAR NILAI KELAS X PAS 2019-2020


MAPEL SEJARAH INDONESIA

A. X MIA 1
  1. 64
  2. 56
  3. 58
  4. 44
  5. 72
  6. 48
  7. 46
  8. 58
  9. 64
  10. 68
  11. 50
  12. 66
  13. 46
  14. 62
  15. 54
  16. 42
  17. 56
  18. 56
  19. 48
  20. 48
  21. 52
  22. 38
  23. 66
  24. 48
  25. 48
  26. 56
  27. 62
  28. 68
  29. 44
B. X MIA 2
  1. 48
  2. 60
  3. 60
  4. 60
  5. 46
  6. 54
  7. 50
  8. 56
  9. 50
  10. 56
  11. 46
  12. 62
  13. 54
  14. 50
  15. 50
  16. 50
  17. 74
  18. 58
  19. 74
  20. 48
  21. 70
  22. 48
  23. 60
  24. 50
  25. 52
C. X IIS 1
  1. 44
  2. 52
  3. 60
  4. 48
  5. 64
  6. 48
  7. 52
  8. 54
  9. 50
  10. 48
  11. 54
  12. 62
  13. 46
  14. 56
  15. 56
  16. 54
  17. 52
  18. 56
  19. 56
  20. 58
  21. 56
  22. 42
  23. 56
  24. 54
  25. 56
  26. 50
D. X IIS 2
  1. 52
  2. 52
  3. 26
  4. 38
  5. 48
  6. 52
  7. 50
  8. 36
  9. 54
  10. 50
  11. 54
  12. 62
  13. 46
  14. 42
  15. 44
  16. 58
  17. 50
  18. 52
  19. 52
  20. 44
  21. 46
  22. 56
  23. 56
  24. 58
E. X IIK
  1. 40
  2. 56
  3. 52
  4. 60
  5. 50
  6. 34
  7. 54
  8. 58
  9. 54
  10. 46
  11. 64
  12. 52
  13. 50
  14. 52
  15. 54
  16. 50
  17. 62
  18. 34
  19. 46
  20. 58
  21. 64
  22. 54
  23. 46
  24. 50
  25. 56
  26. 56
  27. 56
  28. 38
  29. 40
F. X IIB
  1. 58
  2. 58
  3. 52
  4. 58
  5. 66
  6. 42
  7. 50
  8. 28
  9. 30
  10. 46
  11. 56
  12. 50
  13. 50
  14. 46
  15. 46
  16. 56
  17. 54
  18. 46
  19. 50
  20. 50
  21. 46
  22. 44
  23. 54
  24. 52
  25. 58
  26. 48
  27. 62
  28. 48

Bagi nama siswa di bawah ini belum memenuhi nilai tugas harap segera menemui guru mapel

  1. Muqson X IIB
  2. Khoironi X IIB
  3. Nisar X IIB
  4. Afifah X IIK
  5. Dyah X IIK
  6. Ridwan X IIK
  7. Subakhul X IIK
  8. Huda X IIK
  9. Umayah X IIK
  10. Bayu X IIS1
  11. Hildan X IIS1
  12. Alif X IIS1
  13. Ariyono X IIS2
  14. Arif X IIS2
  15. Wachid X IIS2
  16. Aji X IIS2
  17. Zidan X IIS2
  18. Anajih X IIS2
  19. Anita X MIA1
  20. Diaz X MIA1
  21. Muna X MIA1
  22. Lina X MIA1
  23. Risfa X MIA1
  24. Syafira X MIA2

DAFTAR NILAI KELAS XI PAS 2019-2020

 MAPEL SEJARAH INDONESIA

A. XI MIA 1
  1. 76
  2. 90
  3. 70
  4. 78
  5. 50
  6. 76
  7. 82
  8. 80
  9. 86
  10. 62
  11. 90
  12. 76
  13. 70
  14. 62
  15. 74
  16. 76
  17. 66
  18. 82
  19. 90
  20. 68
  21. 80
  22. 84
  23. 78
  24. 80
  25. 68
B. XI MIA 2
  1. 60
  2. 86
  3. 60
  4. 60
  5. 62
  6. 56
  7. 66
  8. 78
  9. 58
  10. 62
  11. 62
  12. 58
  13. 52
  14. 78
  15. 76
  16. 74
  17. 68
  18. 70
  19. 56
  20. 70
  21. 76
  22. 50
  23. 96
  24. 74
  25. 74
C. XI IIS 1
  1. 44
  2. 56
  3. 56
  4. 52
  5. 50
  6. 46
  7. 56
  8. 44
  9. 52
  10. 40
  11. 52
  12. 48
  13. 42
  14. 38
  15. 48
  16. 66
  17. 44
  18. 44
  19. 48
  20. 46
  21. 90
  22. 44
  23. 40
D. XI IIS 2

  1. 56
  2. 56
  3. 56
  4. 54
  5. 54
  6. 80
  7. 50
  8. 32
  9. 50
  10. 56
  11. 42
  12. 46
  13. 52
  14. 54
  15. 76
  16. 50
  17. 56
  18. 48
  19. 56
  20. 44
  21. 60
  22. 64
  23. 60
E. XI IIK
  1. 56
  2. 72
  3. 72
  4. 62
  5. 68
  6. 44
  7. 42
  8. 64
  9. 64
  10. 52
  11. 48
  12. 58
  13. 62
  14. 36
  15. 44
  16. 52
  17. 58
  18. 66
  19. 78
  20. 48
  21. 86
  22. 86
  23. 72
  24. 58
  25. 50
  26. 84
  27. 42
  28. 48

Bagi nama siswa di bawah ini masih ada nilai tugas yang kurang harap segera menemui guru mapel

  1. Irmi XI IIK
  2. Gefira XI IIK
  3. Khoirun XI IIS2
  4. Ardiyanto XI IIS2
  5. Lukman XI IIS2
  6. Erfin XI IIS2
  7. Dayat XI IIS2
  8. Reza XI IIS2
  9. Solikin XI IIS2
  10. Ayu XI MIA1
  11. Radika XI MIA2

Jumat, 22 November 2019

REFORMASI DI INDONESIA

REFORMASI DI INDONESIA

  1. Latar Belakang
  • Kurangnya kepercayaan terhadap pemerintah karena pemerintah dianggap tidak memihak pada kepentingan rakyat
  • Kebebasan politik pemerintahan yang sebelumnya dikuasai oleh militer
  • Dampak berkepanjangan krisis ekonomi
   2. Hal-hal yang menjadi tuntutan mahasiswa:
  1. Berantas KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme)
  2. Turunkan Suharto dari pemerintahan
  3. Hapuskan Dwifungai ABRI
3. Puncak Reformasi : peristiwa Trisakti yang terjadi pada tanggal 12 Mei 1998 yang menewaskan 4 orang mahasiswa antara lain :
  • Elang Mulya Lesmana
  • Heri Hartanto
  • Hendrawan sie
  • Hafidhin Royan
4. Tujuan Reformasi
  1. Reformasi ekonomi meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas
  2. Reformasi hukum tercapainya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia
  3. Reformasi politik tercapainya demokratisasi bagi seluruh rakyat Indonesia
  4. Reformasi sosial mewujudkan integrasi bangsa sebagai suatu bangsa yang merdeka
5. Pemerintahan Masa Reformasi
A. Pemerintahan Presiden B. J Habibie
- Tindakan reformasi yang dilakukan oleh B. J Habibie : 
  • Dimulainya kebebasan pers
  • Pendirian partai politik
  • Pembebasan tahanan politik
  • Pembatasan masa jabatan presiden
  • Desentralisasi kekuasaan ke daerah atau otonomi daerah
- kasus Timor Timur
Pada awalnya bangsa Indonesia menolak mengakui kemerdekaan Timor Timur namun pada masa pemerintahan Habibie Habibie terbuka saat pemerintahan menawarkan bentuk otonomi khusus dan Timor Timur lebih memilih untuk merdeka. Akhirnya Presiden Habibie memberikan izin untuk melepaskan Timor Timur dari Indonesia.

B. Pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur
- dalam Pemilu tahun 1999 terdapat tiga partai yang mengajukan presiden dan wakilnya yaitu PDI-P, PKB, dan PAN
- PKB unggul dari kedua partai yang lain akhirnya PKB meminta bantuan koalisi dukungan dari poros tengah
- Kyai Haji Abdurrahman Wahid menjadi presiden berkat dukungan dari poros tengah yaitu koalisi antara tiga partai (PPP, PKB dan PBB)
- tindakan-tindakan kontroversi masa pemerintahan Abdurrahman Wahid :
  • Kabinet sering mengalami reshuffle atau perubahan susunan
  • Menghapus departemen sosial dan Departemen penerangan
  • Sering melakukan kunjungan ke luar negeri
  • Gagasan pencabutan Tap MPR tentang larangan komunisme
  • Gagasan membuka hubungan dengan Israel
- hubungan Gus Dur dengan poros tengah mulai kurang harmonis sehingga DPR mengeluarkan memorandum untuk menjatuhkan Gus Dur
- dilakukan Sidang Istimewa MPR pada tanggal 21 Juli 2001 yang menghasilkan :
  1. TAP MPR nomor II tahun 2001 ; isinya adalah Gus Dur diberhentikan dari jabatannya sebagai presiden
  2. TAP MPR nomor III tahun 2001 ; isinya adalah mengangkat Megawati Soekarnoputri sebagai presiden untuk menggantikan Gus Dur
C. Pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri
- Kebijakan masa pemerkntahan Megawati :
  • Membentuk kabinet GR atau gotong royong
  • Privatisasi BUMN atau pengalihan aset milik negara menjadi milik swasta seperti perusahaan perusahaan Telkom Indosat PPNI PT Batubara Bukit Kimia Farma Indofarma Indocement Angkasa Pura 2 dan Wisma Nusantara
  • Membentuk KPK ideal KPK dari UU Nomor 28 Tahun 1999 pada masa pemerintahan Habibie untuk menyelenggarakan negara yang bersih dari KKN
  • Kasus Pulau Sipadan dan ligitan antara Indonesia dan Malaysia yang akhirnya ditangani oleh PBB
  • Penanganan konflik Aceh atau Gerakan Aceh Merdeka (GAM), pada tanggal 19 Mei 2003 Presiden menetapkan Aceh sebagai daerah darurat militer karena adanya gerakan separatisme
  • Pemilu presiden 2004 dipilih langsung oleh rakyat

Rabu, 20 November 2019

SIDANG BPUPKI (DOKURITSU JUNBI COSAKAI)-Ringkasan Materi

A. Sidang Dokuritsu Junbi Cosakai / BPUPKI

1. SIDANG PERTAMA ( 2 Mei - 1 Juni 1945 )
● hasil sidang => perumusan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila
● sidang berlangsung alot karena banyak pihak yang ingin mengapresiasikan keinginan kelompoknya
● akhirnya dalam melaksanakan sidang dibentuk panitia sembilan yang bertugas untuk merumuskan usulan-usulan dasar dasar negara
● Panitia sembilan 
Anggota :
1. Sukarno ( ketua )
2. Moh. Hatta
3. Ahmad Subarjo
4. Moh. Yamin
5. Wahid Hasyim
6. Kahar Muzakar
7. Abi Kusno
8. Agus Salim
9. A. A Maramis

● Panitia 9 menghasilkan Piagam Jakarta yang menjadi dasar perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

2. SIDANG KEDUA ( 10 Juni - 14 Juli 1945 )
● hasil sidang => Pembahasan rancangan undang-undang dasar
● dibentuk panitia kecil sebagai panitia perancang UUD, tujuan dibentuknya panitia kecil sama seperti Panitia Sembilan agar tidak terjadi pertentangan antara peserta sidang untuk membahas undang-undang dasar
● Panitia Kecil
Anggota :
1. Dr. Soepomo ( Ketua )
2. Wongsonegoro
3. Ahmad Subarjo
4. A. A Maramis
5. R. P Singgih
6. H. Agus Salim
7. Dr. Soekiman


Senin, 11 November 2019

LATIHAN SOAL USBN II 2019 SEJARAH PEMINATAN

Pilihlah jawaban yang paling benar!

1. Peristiwa detik-detik menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah peristiwa monumental bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dari belenggu penjajahan. Dengan menggunakan studi pustaka dan wawancara dari beberapa responden seorang penulis berhasil menerbitkan sebuah buku tentang detik-detik proklamasi kemerdekaan indonesia. Informasi tersebut dapat disimpulkan terdapat konsep sejarah sebagai ilmu karena merupakan...
A. Rekonstruksi peristiwa sejarah disusun secara sistematis dan menggunakan metode
B. Rekonstruksi peristiwa sejarah yang dialami bangsa indonesia untuk melawan penjajah
C. Kisah masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah penulisan karya sejarah berdasarkan sumber
D. Usaha menghidupkan kembali peristiwa masa lalu melalui penulisan buku dengan ragam bahasa
E. Peristiwa masa lalu yang di rekonstruksi sesuai adat istiadat yang berlaku di masyarakat

2. Sejarah pembentukan intuisi dan imajinasi melibatkan emosi serta menggunakan gaya bahasa yang khas. Pernyataan tersebut menunjukkan syarat sejarah sebagai...
A. Peristiwa
B. Seni
C. Ilmu
D. Kisah
E. Rekreasi

3. Dalam kegiatan penelitian sumber merupakan acuan pokok dari materi yang akan dikaji. Ada berbagai macam sumber yang bisa dipergunakan peneliti dalam rangka untuk mengumpulkan informasi salah satunya adalah sumber tekstual. Data berikut yang dapat dikategorikan sebagai sumber sejarah tekstual adalah...
A. Fosil
B. Makam
C. Naskah kuno
D. Relief candi
E. Artefak

4. Sejarah sebagai suatu kisah pilu sejarah memerlukan sesuatu metode untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah fakta menjadi kisah sejarah. Metode tersebut salah satunya adalah heuristik yang artinya....
A. Mengkaji sumber sejarah yang digunakan
B. Menganalisis sumber-sumber sejarah
C. Memanfaatkan sumber sumber sejarah
D. Mencari dan menemukan sumber sejarah
E. Menggali dan memilah-milah sendiri sejarah

5. Perhatikan pernyataan berikut!
1) heuristik
2) interpretasi
3) verifikasi
4) historiografi
Urutan data dalam tahapan penelitian sejarah yang benar adalah....
A. 1,2,3,4
B. 1,3,2,4
C. 2,3,4,1
D. 2,4,1,3
E. 1,3,4,2

6. Dalam langkah pendidikan sejarah setelah daerah terorganisir dengan baik proses selanjutnya adalah menguji ke asli yang dan keabsahan data untuk mendapatkan data yang dapat dipercaya. Untuk menguji keaslian dan keabsahan data dapat dilakukan dengan menggunakan pernyataan-pernyataan berikut:
1) apakah dokumen itu asli atau salinan?
2) apakah menulis melaporkan bahwa peristiwa atau tempat yang seharusnya belum bisa diketahui selama berada di pembuatan tulisan tersebut?
3) seberapa jauh penulis dapat dipercaya?
4) apakah kayak bahasa dan penulisan sesuai dengan periode waktu dan topik yang sedang diteliti?
5) apakah data awal telah dirubah baik secara sengaja maupun tidak sengaja dengan menyalin nya?
Dari data tersebut yang merupakan pertanyaan terkait dengan kritik intern ditunjukkan pada nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

7. Peristiwa detik-detik menjelang proklamasi kemerdekaan indonesia merupakan sebuah peristiwa monumental pagi bahasa indonesia untuk bangkit dari belenggu penjajahan. Dengan menggunakan studi pustaka dan wawancara dari beberapa responden seorang penulis presiden menerbitkan sebuah buku tentang detik-detik proklamasi kemerdekaan indonesia informasi tersebut dapat disimpulkan terdapat konser sejarah sebagai ilmu karena merupakan...
A. Rekonstruksi peristiwa sejarah yang disusun secara sistematis dan menggunakan metode
B. Rekonstruksi peristiwa sejarah yang dialami bahasa indonesia untuk melawan penjajah
C. Kisah masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah penulisan karya sejarah berdasarkan sumber
D. Usaha menghidupkan kembali peristiwa masa lalu melalui penulisan buku dengan ragam bahasa
E. Peristiwa masa lalu yang di rekonstruksi sesuai adat istiadat yang berlaku di masyarakat

8. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) bersifat regiosentris
2) subjektif nya tinggi
3) sebagian besar kuat dalam geniologi dan lemah dalam hal kronologis
4) umumnya tidak disusun secara ilmiah
Pernyataan di atas dapat digolongkan sebagai suatu ciri penulisan angkasa historiografi...
A. Nasional
B. Kolonial
C. Tradisional
D. Religi
E. Lokal

9. Salah satu ciri kehidupan yang menonjol pada masyarakat zaman megalitikum atau zaman batu madya di indonesia hidup dari meramu dan berburu. Kebanyakan dari mereka hidup di gua gua di tepi pantai hal ini terbukti dengan banyak ditemukannya...
A. Mata tombak dan mata panah di dasar-dasar sungai di indonesia
B. Peninggalan berupa menhir suaraku fokus dan punden berundak
C. Alat-alat rumah tangga berupa periuk belanga dan manik-manik
D. Sampah dapur yang dikenal dengan sebutan kjokkenmedinger
E. Peninggalan yang berupa manik-manik dan perhiasan lainnya

10.  zaman ini diperkirakan berlangsung pada masa holosen (10000 tahun yang lalu). Perkembangan kebudayaan pada zaman ini lebih cepat dari zaman sebelumnya karena keadaan alam yang sudah lebih stabil. Pada zaman ini manusia telah mampu menciptakan alat penguji hidup seperti gerabah kapak genggam malah tulang dan flakes. Mereka sudah mulai hidup menetap yang dipopulerkan dengan ditemukannya abris sous roche dan kjokkenmedinger.
Deskripsi tersebut menggambarkan kehidupan masyarakat proto sejarah pada zaman...
A. Paleolitikum
B. Mesolitikum
C. Neolitikum
D. Megalitikum
E. Zaman perunggu

11.  fosil manusia purba yang paling banyak ditemukan di indonesia ditemukan oleh Eugene Dubois dede satria lil kabupaten ngawi jawa timur pada tahun 1891. Manusia purba jenis ini memiliki ciri fisik tinggi berkisar antara 160 sampai 180 cm dengan volume otak 900cc berjalan tegak.
Keterangan tersebut menunjukkan ciri ciri manusia purba jenis...
A. Pithecanthropus erectus
B.  meganthropus paleojavanicus
C.  pithecanthropus  robustus
D. Homo erectus
E. homo sapiens

12. Kota harapan memiliki by out kota yang sangat canggih. Benda-benda peninggalan yang ditemukan di kota tersebut seperti air sayang melukiskan lembu yang menyerang harimau dan lembu bertanduk. Arca tersebut berkaitan dengan kepercayaan masyarakat pada masa kini di india yaitu...
A. Menunjukkan kekuatan roh nenek moyang yang hingga saat berkembang menjadi sistem kepercayaan
B. Bahwa budaya masyarakat mensucikan binatang di hari apa seperti hingga saat ini satu di india dianggap binatang suci
C. Pengguna benda sebagai media untuk perhitungan keagamaan saat ini terus berkembang dalam masyarakat india
D. Menjadikan artha sebagai bekal kubur orang yang meninggal sampai saat ini masih digunakan
E. Binatang sebagai makhluk sakral yang akan melindungi seseorang sampai saat ini masih diyakini

13. Wilayah gurun pasir dialiri oleh sungai yangtze terbentang dari pegunungan  kilimanjaro (di sudan) hingga laut tengah dengan panjang kira-kira 5000 km. Di tempat ini tumbuh peradaban yang sudah maju dan dibuktikan dengan ditemukannya peninggalan berupa bangunan piramida spring obelix dan mumi. Deskripsi tersebut merupakan hasil budaya peradaban dari...
A. Lembah sungai indus
B. Lembah sungai eurfat dan tigris
C. Lembah sungai gangga gangga
D. Lembah sungai kuning
E. Lembah sungai nil

14.  perhatikan data berikut!
1) letaknya strategis di solo perdagangan india cina
2) menguasai jalur sutera
3) memiliki daerah jajahan yang luas
4) memiliki komoditi perdagangan yang melimpah
5) memiliki armada laut yang kuat
Berdasarkan data di atas yang merupakan faktor penyebab besarnya kemajuan kerajaan sriwijaya adalah...
A. 1,2,3
B. 2,3,4
C. 3,4,5
D. 1,3,5
E. 1,4,5

15. Kerjasama indonesia dengan negara-negara asean terus dilakukan. Sekarang ini asean akan berkiprah semakin besar di bidang ekonomi dan membangun jaringan kerja sama yang semakin luas melampaui batas-batas asia tenggara. Lebih dari itu asean akan menjadi sebuah komunitas terintegrasi. Pada tahun 2015 kesepakatan masyarakat ekonomi asean atau pasar bebas asean mulai berlaku. Kerjasama tersebut pada masa kerajaan hindu budha sudah berlangsung yaitu sekitar awal abad ke-14, bukti dari deskripsi tersebut adalah...
A. Daerah kekuasaan majapahit meliputi sumatera semenanjung malaya borneo sulawesi dan sampai sebagian kepulauan di filipina
B. Pati gajah mada selalu melancarkan serangan dari wilayah palembang sampai semenanjung malaya
C. Raja majapahit juga memiliki hubungan dengan rampal kamboja siang di rumah sebagian selatan dan vietnam
D. Aktivitas ekonomi pada saat itu terutama bidang perdagangan dilakukan dengan cara menjalin kerjasama
E. Kerajaan majapahit merupakan suatu kerajaan yang besar dan disegani oleh bangsa-bangsa asing

16. Perhatikan pernyataan pertanyaan dibawah ini!
1) VOC berhak melakukan monopoly di makassar
2) belanda berhak menjadikan benteng di makassar
3) makassar harus melepaskan daerah jajahan nya
4) Aru palaka diakui sebagai raja bone
5) kerajaan makassar diperkecil hanya meliputi goa
6) makassar harus membayar biaya perang
Pernyataan di atas merupakan isi dari perjanjian...
A. Saragosa
B. Thordesilas
C. Bongaya
D. Giyanti
E. Kalijati

17. Suatu kebijakan politik ekonomi dari negara imperialisme yang bertujuan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya logam mulia sebagai suatu ukuran kekayaan satu negara merupakan pengertian dari...
A. Kapitalisme
B. Merkantilisme
C. Imperialisme
D. Etatisme
E. Politik dumping

18. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) kepemimpinan Tsar nicholas II yang lemah
2) seruan komunisme internasional untuk menggulung kan rezim Tsar Nicholas II
3) nasionalisme yang semakin kuat di rusia
4) berkembangnya paham liberal di rusia
5) munculnya tokoh-tokoh terpelajar
Dari pernyataan di atas salah satu faktor yang melatarbelakangi lahirnya revolusi rusia ditunjukkan oleh nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

19. Perang dunia 2 adalah perang besar kedua sedalam sejarah dunia yang melibatkan banyak negara di dunia yang berlangsung dari tahun 1939 hingga tahun 1945. Sebab khusus yang mengatur bilangin akhirnya perang ini adalah...
A. Kekecewaan jerman atau sosial perjanjian  Versailes
B. Krisis ekonomi yang menimpa jerman dan italia
C. Genosida terhadap 6000000 orang yahudi di eropa
D. Invasi jerman ke danzig polandia pada tahun 1939
E. Ancaman penyebaran komunisme ke seluruh eropa

20. Perhatikan data di bawah ini!
1) lahirnya liga bangsa-bangsa
2)  dimulainya era perang dingin antara dua negara
3) munculnya dua negara adidaya yang baru
4) munculnya politik mencari kawan
5) keterpurukan ekonomi dan negara yang terlibat dalam perang dunia
Dari data di atas dampak perang dunia 2 di bidang politik ditunjukkan pada nomor...
A. 1,2,3
B. 2,3,4
C. 3,4,5
D. 1,3,5
E. 1,4,5

21. Suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan suatu konsep identitas bersama bagi sekelompok manusia yang memiliki tujuan dan cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional. Berita diatas merupakan pengertian dari...
A. Nasionalisme
B. Sosialisme
C. Demokrasi
D. Fasisme
E. Liberialisme

22. Pada tahun 1908 di indonesia mulai muncul pergerakan nasional yang di motori oleh berdirinya organisasi budi utomo. Lahirnya organisasi tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai faktor. Pernyataan berikut yang merupakan faktor eksternal penduduk lahirnya nasionalisme di indonesia adalah...
A.  kenangan kejayaan masa lampau
B. Munculnya kaum cendekiawan
C. Perasaan senasib sepenanggungan
D. Kemenangan jepang atas Rusia
E. Kemajuan di bidang politik ekonomi sosial dan budaya





SOAL PAT SEJARAH WAJIB KELAS XI 2019

I. Pilillah jawaban yang paling benar!

1. Komandan Angkatan Bersenjata yang menjalankan kekuasaan sehari-hari secara Absolut di Jepang Atas Restu Kaisar Pengertian tersebut pengertian dari...
A. Shogun
B. Daimyo
C. Sakoku
D. Keshogun
E. Tozama

2. Berikut ini yang merupakan bidang garapan Kaisar Meiji adalah...
A. Perindustrian
B. Imperialisme
C. Hukum
D. Pertahanan
E. Penjajahan

3. Dalam perkembangannya Jepang menikmati pertumbuhan ekonomi yang besar akibat dari...
A. Militer
B. Pendidikan
C. Sosialis
D. Perekonomian
E. Sumber daya alam

4. Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang dengan ditandatanganinya perjanjian...
A. Linggarjati
B. Kalijati
C. Renville
D. Roem Royen
E. Saragosa

5. Kedatangan Jepang pada awalnya disambut baik oleh para tokoh nasional seperti...
A. Soekarno Muhammad Hatta dan Ki Hajar Dewantoro
B. Soekarno-hatta dan wikana
C. Soekarno Ki Hajar Dewantoro dan Otto Iskandardinata
D.  Ki Hajar Dewantoro Otto Iskandardinata dan Moh Hatta
E. Arti Radjiman Wedyodiningrat dan Sutan Syahrir

6. Dalam sistem pemerintahan Jepang memperkenalkan sistem baru yang disebut dengan...
A. Tonarigumi
B. Suishintai
C. Kimigayo
D. Hakko Ichiu
E. Kaigun

7. Dibawah ini yang merupakan makna dari kata kebaktian dalam pandangan orang Jepang adalah...
A. Siap mengorbankan diri
B. Siap mengorbankan hati
C. Siap mengorbankan keluarga
D. Siap mengorbankan teman
E. Siap mengorbankan musuh

8. Semboyan yang dibuat Jepang untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat bagi kepentingan militer sekaligus industrinya adalah...
A. Negara makmur militer kuat
B. Negara makmur militer lemah
C. Negara Makmur militer sedang
D. Negara makmur ekonomi kuat
E. Negara makmur ekonomi lemah

9. Salah satu wilayah Indonesia yang berhasil dikuasai Jepang untuk pertama kali adalah...
A. Jakarta
B. Bukit tinggi
C. Makassar
D. Tarakan
E. Riau

10. Jepang merupakan negara fasisme yang termasuk dalam negara fasis lainnya adalah..
A. Amerika serikat dan uni soviet
B. Uni Soviet dan Jerman
C. Amerika Serikat dan Jerman
D. Jerman dan Italia
E. Italia dan Uni Soviet

11. Barisan Fujinkai adalah Barisan semi militer yang merupakan...
A. Barisan Pemuda
B. Barisan pembantu polisi
C. Barisan wanita
D. Barisan pembantu tentara
E. Barisan politik

12. Yang dimaksud dengan perjuangan bawah tanah pada masa pendudukan Jepang adalah...
A. Perjuangan yang dilakukan secara perlahan-lahan
B. Perjuangan yang dilakukan secara diam-diam
C. Perjuangan yang dilakukan secara terbuka
D. Perjuangan yang dilakukan secara tertutup dan rahasia
E. Perjuangan yang dilakukan secara rahasia

13. Dibawah ini yang merupakan salah satu pemimpin dari perjuangan bawah tanah adalah...
A. Soekarno
B. Muhammad Hatta
C. Sayuti Melik
D. Sutan Syahrir
E. Pangeran Diponegoro

14. Pemimpin pasukan sekutu yang berhasil mengalahkan Jepang di Indonesia adalah...
A. A.w.s. Mallaby
B. Jenderal Douglas Mac Arthur
C. Raymond Westerling
D. Sir Philip Christison
E. Stamford Raffles

15. Jepang menyerah kepada sekutu setelah depoknya dua kota yaitu...
A. Hiroshima dan Nagasaki
B. Tokyo dan Kyoto
C. Osaka dan Sapporo
D. Nagasaki dan Nagoya
E. Hiroshima dan Kobe

16. Salah satu pengaruh penjajahan Jepang yang masih tersisa hingga kini dalam struktur masyarakat adalah...
A. Kedutaan besar
B. Rukun tetangga
C. Rukun warga
D. Gubernur jenderal
E. Presiden

17. Pemerintahan pendudukan Jepang memberikan semangat nasionalisme dikalangan kaum muda dengan memberikan latihan-latihan lewat...
A. Orasi politik
B. Propaganda
C. Pendidikan militer
D. Penggunaan bahasa Indonesia
E. Kesenian

18. Perjanjian penyerahan yang menyatakan kekalahan Jepang atas sekutu dengan ditandatanganinya perjanjian...
A. KMB
B. Linggarjati
C. Kalijati
D. Versailles
E. San Francisco

19. Setelah BPUPKI dianggap sudah berhasil namanya diubah dan diganti menjadi...
A. PPKI
B. PKI
C. PPPKI
D. PNI
E. KNIP

20. Tokoh yang mempunyai peran untuk mengetik naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah...
A. Ahmad Subarjo
B. Tan Malaka
C. Sayuti Melik
D. Soekarno
E. BM Diah

21. Proklamasi Kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting bagi Indonesia di bawah ini yang merupakan makna dari proklamasi adalah...
A. Masyarakat sebagai pejuang Indonesia
B. Masyarakat sebagai tokoh pergerakan kemerdekaan
C. Indonesia terlepas dari belenggu penjajahan
D. Indonesia terlepas dari kehancuran
E. Indonesia terlepas dari ketidakpuasan

22. Selain melalui siaran radio berita tentang kemerdekaan Indonesia disebarluaskan melalui...
A. Surat kabar pamflet dan televisi
B. Surat kabar pamflet dan poster
C. Surat kabar poster dan video
D. Pamflet televisi dan poster
E. Tablet video dan televisi

23. Sidang pertama PPKI terjadi pada tanggal...
A. 17 Agustus 1945
B. 18 Agustus 1945
C. 19 Agustus 1945
D. 22 Agustus 1945
E. 30 September 1965

24. Dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Proklamasi akan dibacakan di lapangan Ikada karena banyak tentara Jepang yang akhirnya pembacaan proklamasi dibacakan di...
A. Jl. Pegangsaan barat nomor 56
B. Jl. Pegangsaan timur nomor 56
C. Jl. Pegangsaan selatan nomor 56
D. Jl. Pegangsaan utara nomor 56
E. Jl. Pegangsaan nomor 56

25. Salah satu hasil sidang kedua PPKI pada tanggal 11 Agustus 1945 dan 12 September 1945 adalah...
A. Dibentuknya kabinet presidensial dengan 12 departemen dan 4 menteri negara
B. Dibentuknya kabinet presidensial dengan 13 departemen dan 5 menteri negara
C. Dibentuknya kabinet presidensial dengan 14 departemen dan 6 menteri negara
D. Dibentuknya kabinet dengan 12 departemen dan 4 Menteri
E. Dibentuknya kabinet dengan 13 departemen dan 4 menteri

26. Pasukan sekutu mendarat di Sumatera Utara pada tanggal...
A. 9 Oktober 1945
B. 9 November 1945
C. 9 Desember 1945
D. 18 Agustus 1946
E. 19 Agustus 1945



Ringkasan Materi - PERANG TELUK II (1990-1991)

PERANG TELUK II (1990-1991)

Merupakan perang yang terjadi di timur tengah antara negara Irak dengan negara kuwait karena masalah perbatasan.

Sebab Umum :
1. Ambisi Saddam Hussein sebagai orang yang dihormati di negara Arab
2. Kuwait dituduh mencuri minyak Irak di Padang rumelia yang merupakan daerah perbatasan
3. Kuwait menolak membayar ganti rugi kepada Ira atas kasus Padang Rumelia
4. Adanya perbedaan batas-batas negara yang tidak jelas

Sebab Khusus :
1. Pelanggaran kuota minyak yang dilakukan oleh Kuwait dan menyebabkan harga minyak anjlok
2. Serangan Irak terhadap Kuwait pada tanggal 2 Agustus 1990

Proses terjadinya perang
◇ Irak berhasil menduduki wilayah Kuwait setelah melakukan invasi
◇ setelah berhasil menduduki Kuwait ternyata ra dikecam keras oleh PBB dan akhirnya Amerika Serikat ikut campur dan mengirimkan pasukannya
◇ Presiden Mesir Hosni Mubarak menengahi dan menawarkan jalur perdamaian
◇ jalur damai ternyata masih tidak berhasil dan Irak akhirnya mendapatkan perlawanan dari tentara Amerika Serikat
◇ akhir Perang Irak Allah dan harus menerima konsekuensi sebagai berikut :
1. Sanksi Embargo ekonomi dan perdagangan internasional
2. Pelucutan senjata oleh PBB
3. Pemberontakan Syiah suku Kurdi di Irak yang merupakan kelompok minoritas

Dampak Perang
○ ladang minyak milik Kuwait rusak karena dibakar oleh Irak
○ perekonomian Iran karena blokade ekonomi dan ilmu ekonomi yang diterapkan oleh PBB sebagai sanksi
○ peranan Amerika Serikat di Timur Tengah semakin kuat
○ Israel menjadi salah satu negara terkuat di Timur Tengah
○ perpecahan negara-negara di Timur Tengah
○ Irak diperiksa tentang kepemilikan senjata nuklir oleh PBB
○ Irak harus membayar ganti rugi

Ilustrasi dampak perang




Ringkasan Materi - PERANG TELUK I (1980 - 1988 )

PERANG TELUK I (1980-1988)

Perang Teluk I merupakan perang antara negara Irak dengan negara Iran yang terjadi selama 8 tahun antara tahun 1980 sampai 1988.

Ilustrasi Perang Teluk I





Latar Belakang Perang Teluk I :
1. Adanya keinginan negara Irak dan negara Iran untuk menguasai Arab yang merupakan jalur perairan strategis sebagai jalur ekspor minyak yang lokasinya di perbatasan
2. Adanya keinginan Irak dan Iran untuk menjadi penguasa di Negara teluk
3. Presiden Irak Saddam Hussein khawatir jika revolusi Islam di Iran akan menyebar ke negaranya ( pemberontakan kaum syiah di Iran yang dipimpin oleh Imam Khomeini )
4. Melemahnya kekuatan Iran pasca terjadinya Revolusi Islam di Iran

Sebab Khusus : pasukan Irak menerobos masuk perbatasan Islam Karena kekhawatiran atas revolusi Islam di Iran

Sebab Umum :
1. Pikiran ataupun Irak tidak dapat menerima keunggulan masing-masing atau dominasi negara lain
2. Minoritas etnis -> adanya dukungan Iran terhadap suku Kurdi yang merupakan suku minoritas Irak yang beraliran Syiah
3. Perbedaan orientasi politik (Irak =Uni Soviet, Iran = Amerika Serikat)
4. Irak berusaha merebut wilayah yang dulunya milik Irak namun sudah menjadi bagian dari negara Iran

Kronologi Perang
■ kekuatan Irak lebih kuat secara militer dan finansial dan Irak dibantu oleh Arab Yordania Oman dan Uni Soviet
■ kekuatan Iran terbatas, Iron mendapatkan dukungan dari Libya Suriah Turki
■ dalam perang ini tidak ada yang mutlak menjadi pihak yang menang
■ walau kekuatan Iran terbatas dan kekuatan Irak lebih kuat Namun nyatanya tidak mudah bagi Irak untuk mengalahkan Iran dan bahkan hingga 8 tahun perang terjadi pihak Irak belum dapat mengalahkan Iran secara mutlak

Upaya Penyelesaian
PBB turun tangan dengan menawarkan kedua belah pihak untuk menjalani proses perdamaian namun ditolak. Akhirnya PBB mengeluarkan resolusi gencatan senjata.

Dampak Perang
1. Perekonomian Irak mengalami kehancuran dan demokratis secara ekonomi oleh PBB sebagai sanksi
2. Kerugian finansial di kedua belah pihak dan korban jiwa yang mencapai 2000 korban lebih
3. Pembangunan ekonomi terhambat selama 8 tahun di kedua belah pihak
4. Produksi minyak menurun
5. Ladang minyak banyak mengalami kerusakan
6. Terjadi perpecahan di negara-negara Arab yang membela Irak dan yang membela Iran
7. Pengaruh Amerika Serikat di Timur Tengah semakin kuat

RINGKASAN MATERI-RUNTUHNYA UNI SOVIET

Runtuhnya Uni Soviet

● Penyebab Keruntuhan :
1. Adanya keragaman budaya di wilayah Uni Soviet
2. Pemerintahan yang diktator dan totaliter
3. Adanya kemiskinan = negara yang menganut sosial komunis tidak terlalu berhasil dalam bidang ekonomi jika dibandingkan dengan negara yang menganut sistem liberal
4. Kemajuan zaman = perkembangan globalisasi
5. Generasi baru yang memegang pemerintahan = Mikhail gorbachev mengubah pemerintahan totaliter menjadi lebih demokratis
6. Bubarnya Pakta Warsawa

● Proses Runtuhnya
Adanya beban masalah yang dimiliki oleh Uni Soviet berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Politik sosial komunis tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut sehingga gorbachev menerapkan cara yang lebih terbuka dengan melibatkan rakyat. 
Beban masalah dalam negeri antara lain seperti masalah ekonomi, birokrasi pemerintah, dan maksudnya produktivitas negara. 
Google masalah luar negeri seperti permasalahan dengan negara lain yang ada di Asia Tenggara Timur Tengah Afrika dan Amerika Selatan. Masalah kebocoran nuklir yang mencemari lingkungan sampai negara tetangga atau nuklir Chernobyl.
○ Perestorika => merupakan upaya pembaca untuk menyelesaikan masalah dengan melaksanakan restrukturisasi pemerintahan
○ Glasnot => atau keterbukaan, gorbachev adalah pemimpin yang memahami keinginan rakyatnya maka memasukkan unsur keterbukaan dalam menjalankan pemerintahannya.
○ Demokratisasi => rakyat diberi pilihan untuk menentukan wakilnya dalam parlemen
○ Hukum Keteraturan => gorbachev menegakkan hukum di Uni Soviet terutama tentang hak asasi manusia atau HAM
Konsep perestroika gorbachev akhirnya gagal karena PKUS atau Partai Komunis Uni Soviet berusaha menggulingkan pemerintahannya. Gorbachev akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Presiden pada tanggal 24 Agustus 1991. Setelah kemunduran gorbachev negara-negara bagian melakukan gerakan separatis atau memisahkan diri dari Uni Soviet.
Berikut daftar negara negara pecahan Uni Soviet :
a) Armenia dengan ibukota yerevan


b) Azerbaijan dengan ibukota baku

c) belarus dengan ibukota Minsk

d) Estonia dengan ibukota Tallin

e) Georgia dengan ibu kota Tbilisi

f) Kazakhstan dengan ibu kota Astana

g) Kyrgyzstan dengan ibukota bishkek

h) Latvia dengan ibukota Riga

i) lithuania dengan ibu kota vilnius

j) moldova dengan ibukota chisinau

k) Tajikistan dengan ibukota dushanbe

l) Turkmenistan dengan ibukota ashgabat

m) Ukraina dengan ibukota Kiev

n) Uzbekistan dengan ibukota tashkent


o) Rusia dengan ibukota Moskow

Jumat, 24 Mei 2019

KERAJAAN MARITIM HINDU-BUDHA KEDIRI

KERAJAAN KEDIRI

A. Letak
Kerajaan Kediri maupun kerajaan negara merupakan kelanjutan Kerajaan Mataram kuno yang pusatnya di Jawa Timur. Kerajaan Kediri berdiri abad ke-11 dengan ibukotanya daerah yang terletak di tepi Sungai Brantas dan diperintah oleh seorang raja yang bernama samarawijaya atau jayawarsa. Sedangkan kerajaan segala berdiri abad ke-11 dengan ibukotanya Kahuripan diperintah oleh seorang raja yang bernama Jayengrana. Keduanya adalah putra dari Raja Airlangga. 
Sumber sejarah yang menerangkan keberadaan Kerajaan Panjalu atau Kediri sebagai berikut;
1) prasasti padelengan
Berisi tentang besarnya kebaktian penduduk padelengan kepada rajanya.
2) prasasti panumbangan
Berisi tentang pemberian Anugerah Raja kepada penduduk Panumbangan yang telah mengabdikan dirinya untuk kepentingan kerajaan
3) prasasti ngantang
Berisi tentang Anugrah Raja Jayabaya kepada penduduk desa Ngantang yang telah mengabdikan dirinya guna kemajuan kerajaan
4) prasasti talan
Berisi tentang pemberian hak istimewa kepada penduduk desa Talang berupa pembebasan kewajiban membayar pajak
5) prasasti ceker
Berisi tentang Anugerah kepada penduduk ceker yang telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan kerajaan
6) prasasti sirah keting
Berisi tentang pemberian Raja Kertajaya kepada Marjaya karena telah banyak berjasa kepada raja
Peta kerajaan kediri
2. Sistem Pemerintahan
Kerajaan Kediri adalah kerajaan pertama di Indonesia yang telah dikembangkan Tata administrasi kewilayahan negara yang berjenjang. Berdasarkan prasasti prasasti yang telah disebutkan dapat diketahui dari nama raja yang pernah berkuasa di Kediri antara lain;
 #Rakai Sirikan Sri Bameswara
 #Sri Maharaja Warmeswara
 #Sri Maharaja Rakai Sirikan Sri Sarweswara
 #Sri Maharaja Rakai Hino Sri Aryeswara
 #Sri Maharaja Sri Kroncayadipa
 #Sri Maharaja Sri Kameswara
 #Sri Maharaja Sri Sarweswara
 #Sri Jayawarsa Digwijaya Sastraprabu
Kerajaan Kediri mengalami masa kejayaan ketika dipimpin oleh Jayabaya di bawah pemerintahan Kerajaan Kediri merupakan perluasan wilayah. Kehancuran Kerajaan Kediri atau Panda diceritakan dalam kitab Negarakertagama dan kitab pararaton.

3. Kehiduoan Sosial
Berdasarkan Berita Cina Kerajaan Panjalu atau Kediri sudah memiliki ajaran ajaran moral yang tercakup dalam kitab lubdaka. 
Dalam bahasa Sansekerta lubdaka berarti pemburu, dikisahkan perbuatan sang pemburu yang meletakkan daun daun dibedakan atas 3 hal itu dilakukan pada malam hari untuk menerima pahala yang besar. Masyarakat Kediri percaya bahwa makhluk yang penuh dosa jika melakukan perbuatan baik dan terpuji maka akan diampuni. 

4. Kehidupan Ekonomi
Kehidupan ekonomi masyarakat Kediri bertumpu pada Pertanian Peternakan dan Perdagangan. Dalam sistem kepegawaian pemerintah kerajaan juga sudah memberlakukan pemberian gaji untuk para pegawainya baik untuk prajurit ataupun yang bukan prajurit. 

5. Karya Sastra
Perkembangan kesusastraan pada masa kediri sangat menonjol. Beberapa hasil sastra pada zaman ini antara lain;
● kitab samaradana karya Mpu dharmaja
● kitab Bharatayudha karya Mpu Sedah dan Mpu Panuluh
● kitab lubdaka dan wartasancaya karya Mpu tanakung
● kitab hariwangsa dan gatotkacasraya karya Mpu Panuluh
● kitab kresnayana karangan Mpu Triguna
● kitab sumanasantaka karya Mpu monaguna
● Kitab Arjunawiwaha karya Mpu Kanwa

Kitab Kuno

PROSES PENYEBARAN HINDU BUDHA DI INDONESIA

PROSES PENYEBARAN HINDU-BUDHA
   
     #Ajaran Hindu
     Agama hindu tumbuh bersama dengan kedatangan bangsa arya ke kota mohenjo Daro dan harappa. Agama Hindu dikembangkan oleh bangsa Arya yang memuja banyak dewa. Agama Hindu sebenarnya merupakan sinkretisme (percampuran) antara kepercayaan bangsa Arya dengan kepercayaan bangsa Dravida. Sifat agama Hindu politeisme, artinya memuja banyak dewa, di mana setiap dewa memiliki peran dalam kehidupan masyarakat. Terdapat tiga dewa utama dalam agama Hindu, yakni Dewa Brahma sebagai dewa pencipta, Dewa Wisnu sebagai dewa pelindung, dan Dewa Syiwa sebagai dewa penghancur. Ketiga dewa tersebut dikenal dengan sebutan Trimurti.
     Kitab suci agama Hindu dinamakan Weda, yang terbagi atas empat bagian: Regweda (pujian pada dewa), Yajurweda (doa untuk mengantar sesaji pada para dewa), Samaweda (syair dari Regweda), Atharwaweda (mantra dan jampi untuk ilmu gaib dan sihir). Di samping kitab di atas agama Hindu juga mempunyai kitab Brahmana dan Upanishad. Dalam agama Hindu,terdapat pembagian kasta masyarakat berdasarkan pembagian tugas atau pekerjaan. Kasta tersebut dari tertinggi adalah Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Terdapat pula masyarakat yang berada di luar kasta, yang disebut Paria. Golongan ini meliputi pengemis dan gelandangan. Berikut ini pembagian golongan dalam agama Hindu.
1) Brahmana : Pendeta
2) Ksatria : Raja, Bangsawan, Ksatria
3) Waisya :Petani, Pedagang, Peternak
4) Sudra : Pekerja, Budak
     #Ajaran Budha
     Agama Budha pertama kali tumbuh di India tepatnya di di bagian timur laut sekitar tahun 500 sebelum Masehi. Diajarkan oleh Sidharta Gautama yang dikenal sebagai Buddha. Pokok ajaran Buddha adalah menghindarkan manusia dari penderitaan atau Samsara. Adapun ajaran Buddha terangkum dalam empat kebenaran mulia yaitu:
1) Dukkha, yaitu kehidupan manusia pada dasarnya tidak bahagia.
2) Samudaya, Iya itu ketidakbahagiaan manusia karena memikirkan kepentingan diri sendiri dan Terbelenggu oleh nafsu.
3) Nirodha, yaitu memiliki kepentingan diri sendiri dan nafsu ditekan dengan mengadakan hasrat.
4) Marga, Ya itu mah dapat dilakukan melalui depan jalan kehidupan atau astavidya, kedelapan jalan tersebut meliputi pengertian benar pikiran benar ucapan benar perbuatan benar pencarian menara daya upaya benar perhatian dan konsentrasi benar.
     Agama Buddha muncul sebagai reaksi terhadap dominasi golongan Brahmana dalam ritual keagamaan. Keseluruhan ajaran agama Buddha dibukukan dalam kitab Tripitaka terdiri atas 3 kumpulan tulisan yaitu Sutta Pitaka vinaya Pitaka dan abhidarmapitaka. Dalam perkembangannya agama Budha pecah menjadi dua aliran yaitu Hinayana dan Mahayana.

     #Teori Masuknya Hindu-Budha
 a. Hipotesis Waisya
Hipotesis Waisya mengungkapkan bahwa masuknya agama dan kebudayaan Hindu dibawa oleh golongan pedagang atau waisya. Mereka mengikuti angin musim dan menetap di Indonesia. Menurut para pendukung hipotesis Waisya kaum Waisya yang umumnya merupakan kelompok pedagang inilah yang berperan besar dalam menyebarkan agama dan budaya Hindu ke nusantara. Mereka menjadikan munculnya agama dan budaya Hindu yang dapat diterima dikalangan masyarakat. Salah satu tokoh pendukung hipotesis waisya adalah N. J. Korm.
Kelemahan ippotis waisya adalah tidak ada koloni-koloni dagang di Indonesia. Meskipun ada pedagang India yang menetap tetapi mereka menetap di kampung khusus yang disebut Kampung Keling. Hubungan mereka dengan pengusaha nyala dalam bidang perdagangan, para pendekar bukanlah golongan sosial yang memahami secara mendalam ajaran Hindu.
b. Hipotesis Ksatria
Hipotesis ksatria yang mengungkapkan bahwa pengaruh agama dan kebudayaan Hindu masuk ke nusantara adalah kaum Ksatria. Menurut hipotesis ini pada masa lampau di India terjadi peperangan antara Kerajaan sehingga para prajurit yang kalah perang kemudian mengadakan migrasi ke daerah lain dan salah satu wilayahnya adalah Indonesia. Salah satu tokoh yang mendukung hipotesis ksatria adalah R. C Majumdar.
Kelemahan hipotesis ini adalah tidak didukung dengan data yang menandai suatu kolonisasi melalui dilakukan oleh golongan ksatria tentunya dicatat sebagai suatu kemenangan akan tetapi hal tersebut tidak ditemukan dalam sumber-sumber tertulis di India. Di Indonesia pun tidak terdapat prasasti yang menceritakan hal tersebut.
c. Hipotesis Brahmana
Hipotesis Brahmana mengungkapkan bahwa pembawa agama dan kebudayaan Hindu ke Indonesia adalah golongan Brahmana. Para Brahmana datang ke nusantara diundang oleh penguasa nobatkan jadi rajas dengan upacara Hindu. Pendukung dari hipotesis ini adalah J. C. Van Leur.
Kekuatan hipotesis Brahmana didukung oleh bukti-bukti yang ada antara lain:
- kaum Brahmana mempunyai kemampuan untuk mengajarkan agama Hindu karena Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam agama Hindu.
- prasasti yang ditemukan di Indonesia ditulis dengan bahasa Sansekerta bukan bahasa setempat. Bahasa sangsekerta adalah bahasa penduduk di India yang digunakan terutama oleh kalangan ahli dari agama dan golongan terpelajar.
d. Hipotesis Arus Balik
Hipotesis arus balik mengungkapkan bahwa penduduk Indonesia banyak yang akan berdagang ke ini ya pulangnya membawa agama dan kebudayaan Hindu. Sebaliknya orang-orang Indonesia mengundang para Brahmana dari untuk menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu di Indonesia. Banyak pemuda Indonesia yang belajar agama Hindu Buddha ke India dan setelah memperoleh ilmu mereka kembali untuk menyebarkan agama di tanah air. Telepon hipotesis tersebut orang-orang Indonesia ikut memegang peranan penting dalam masuknya agama dan budaya India.

#Jalur Masuk Hindu-Budha ke Indonesia
- melalui jalur laut
- melalui jalur darat

KERAJAAN MARITIM HINDU-BUDHA SRIWIJAYA


KERAJAAN SRIWIJAYA
Letak Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya muncul pada abad ke-7 yang berpusat di sekitar Sungai Batanghari pantai Timur Sumatera. Pada perkembangannya wilayah Kerajaan Sriwijaya meluas hingga meliputi wilayah Kerajaan Melayu Semenanjung Malaya dan Sunda. Keterangan mengenai Kerajaan Sriwijaya diperoleh dari berita Seorang pendeta dari Cina bernama I-Tsing, yang pada tahun 61 KM berangkat dari kantor ke India di tengah perjalanannya ia singgah di Sriwijaya selama 6 bulan untuk belajar tata bahasa Sansekerta. Sumber-sumber sejarah yang ditemukan dari kerajaan Sriwijaya antara lain:
○ prasasti kedukan bukit di Palembang
Proses ini berisi tentang dapunta Hyang yang mengadakan perjalanan selama 8 hari dengan membawa pasukan dan berhasil menguasai beberapa daerah di Indonesia.
○ Prasasti Talang Tuo ditemukan di sebelah barat Palembang
Prasasti ini berisi tentang pembuatan Taman Sri Setra oleh dapunta Hyang Sri jayanaga untuk kemakmuran semua makhluk.
○ prasasti Karang berahi ditemukan di Jambi
Prasasti ini berisi tentang permintaan kepada para dewa untuk menghukum setiap orang yang bermaksud jahat kepada kerajaan Sriwijaya.
○Prasasti Ligor di Tanah Kra
Prasasti ini berisi tentang Sriwijaya yang diperintahkan oleh Derma Seta
○Prasasti Telaga Batu di temukan di Palembang
○ prasasti Palas pasemah ditemukan di Lampung Selatan
○ prasasti nalanda di India
Prasasti ini berisi tentang cerita pembangunan Vihara oleh Balaputradewa sebagai Raja Sriwijaya untuk kepentingan para peziarah dari Sriwijaya.
○ prasasti coromandel di India Selatan
Prasasti ini berisi tentang Pemberian hadiah sebuah desa oleh Raja Sriwijaya untuk diabadikan kepada sang Buddha.
#Sistem Pemerintahan
     Dalam sistem pemerintahan pembagian wilayah Desa Sriwijaya dibagi seperti provinsi yang disebut dengan datu. Dan terbagi menjadi beberapa Mandala atau semacam provinsi di setiap Mandala dikuasai ole seorang Datu. Seorang Datu haruslah seorang yang merupakan keturunan raja namun dari kalangan bangsawan. Kalangan Putra Raja terbagi menjadi 4 kelas yaitu:
◇Yuvaraja, yaitu putra raja yang paling utama dan berperan sebagai putra mahkota atau raja muda
◇Pratiyuvaraja, yaitu tingkatan kedua yang dapat naik menjadi uparaja apabila yuvaraja berhalangan atau meninggal.
◇Rajakumara, yaitu tingkatan kelas Putra Raja yang dapat menghentikan 2 tingkat di atasnya
◇ Rajaputra, yaitu anak raja dari istri kedua atau salah dan tidak berhak menuntut Tata mahkota kerajaan
Golongan dalam kerajaan Sriwijaya antara lain:
= Senopati, yaitu kepala hulubalang dan memiliki tugas sebagai panglima perang
= Nayaka, yaitu ketua bendahara yang bertugas mengurusi pemeliharaan kedatuan
= Hasi Pratyaya, Tumenggung kedatuan
= Dandanayaka, Hakim
Nama-nama raja yang pernah berkuasa di Sriwijaya sebagai berikut:
1) Balaputradewa
2) Sri sanggama Wijayatunggawarman
Kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran karena beberapa hal antara lain;
- keadaan sekitar Sriwijaya tak lagi dekat dengan pantai karena aliran sungai Musi Ogan Komering mengalami penebalan sehingga tidak baik untuk berdagang.
- banyak daerah-daerah kosong Sriwijaya yang memisahkan diri karena lemahnya pengawasan
- serangan dari kerajaan lain seperti kerajaan colamandala kerajaan Singosari dan Majapahit
#Kehidupan Sosial Budaya
     Masyarakat Sriwijaya sangat bangga dengan kerajaannya yang berpusat sebagai pengajaran agama Buddha di Asia Tenggara. Hasil-hasil budaya peninggalan sriwijaya contohnya dan di Muara Takus di Riau.
Candi Muara Takus




SEJARAH ORGANISASI REGOINAL DAN ORGANISASI GLOBAL

A. ORGANISASI REGIONAL

     Organisasi regional merupakan organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja. Organisasi regional mempunyai ruang lingkup yang terbatas pada kegiatan regional dan keanggotaan hanya meliputi negara-negara di kawasan tertentu. Klasifikasi organisasi regional antara lain:

1. Organisasi perdagangan bebas
 a) ASEAN Free Trade Area / AFTA
Merupakan suatu kerjasama regional di Asia Tenggara untuk menghapuskan hambatan perdagangan antara negara-negara anggota ASEAN. Usaha yang dilakukan AFTA untuk mencapai tujuan adalah melalui CEPT atau common effective preferential tarifss. Kata berdiri pada tahun 1992 di Singapura pada saat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-4. Organisasi ini terbentuk atas dasar kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu zona perdagangan bebas dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta menciptakan pasar regional. Selain itu AFTA diharapkan dapat menarik investor asing atau foreign direct investment FDI. 
 b) China ASEAN Free Trade Area / CAFTA
CAFTA disepakati pada bulan November 2001 dalam KTT ASEAN ke-7 yang diadakan di Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam. CAFTA merupakan kesepakatan antara negara-negara anggota ASEAN dengan negara Cina untuk mewujudkan kawasan perdagangan bebas. Hal ini diwujudkan dengan cara menghilangkan atau mengurangi hambatan perdagangan barang baik tarif maupun non tariff peningkatan akses pasar jasa ketentuan investasi dan peningkatan aspek kerjasama ekonomi untuk mendorong hubungan perekonomian. 
Tujuan ASEAN china Free Trade Area adalah sebagai berikut;
# memperkuat dan Meningkatkan kerjasama ekonomi perdagangan dan investasi antar negara-negara anggota
# mengadakan liberalisasi secara progresif dan meningkatkan perdagangan barang dan jasa serta menciptakan suatu sistem transparan untuk mempermudah investasi
# mengganti bidang-bidang kerjasama yang baru dan mengembangkan kebijaksanaan yang tepat dalam rangka kerjasama ekonomi antar negara anggota.
# memfasilitasi integrasi ekonomi yang lebih efektif dari para anggota ASEAN dan menjembatani kesenjangan pembangunan ekonomi diantara negara anggota
c)NAFTA ( North American Free Trade agreement )
Not American Free Trade agreement merupakan organisasi kerjasama perdagangan bebas antara negara-negara di Amerika Utara yaitu Amerika Serikat Kanada dan Meksiko. Beberapa tujuan Nafta di antaranya adalah menciptakan perdagangan bebas antara anggota NAFTA. Selain itu Nafta dibentuk untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja melalui peluang investasi di kawasan Amerika Utara serta promosi kondisi persaingan yang adil.

2. Kerjasama Regional
Adalah kerjasama yang dilakukan dua negara atau lebih yang berada dalam satu kawasan atau wilayah tertentu. Kerjasama regional tidak hanya meliputi 1 aspek melainkan beberapa aspek kehidupan misalnya pertahanan keamanan ekonomi dan politik. Berikut beberapa contoh kerjasama regional di antaranya;
a) CENTO ( Central Treaty Organization )
Adalah sebuah organisasi pertahanan bersama antara Turki Iran Pakistan dan Inggris pada tanggal 24 Februari 1955. CENTO berbeda dengan NATO dan SEATO yang memiliki struktur komando militer. Cento menjadi salah satu aliansi yang dinilai paling berhasil pada masa perang dingin meskipun terdapat konflik arab-israel yang sedang berlangsung dan konflik antara India dan Pakistan. Contoh juga berhasil menggapai tujuan utama dari para anggotanya yaitu mencegah perluasan pengaruh Soviet dengan negara-negara non anggota di daerah Timur Tengah dan Asia Selatan.
b) SAARC ( the south Asian Association for regional Cooperation)
Merupakan kerjasama di berbagai bidang antara 8 negara di kawasan Asia Selatan yaitu Afghanistan Bangladesh sebutan Maldives Nepal India Pakistan dan Srilanka. Organisasi ini merupakan organisasi regional terbesar. Adapun tujuan dibentuknya the south Asian Association for regional Cooperation adalah;
● memajukan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas kehidupan rakyat rakyat Asia Selatan
● mempercepat pertumbuhan ekonomi perkembangan sosial dan kebudayaan di kawasan Asia Selatan
● memperbesar rasa kepercayaan pemahaman dan pengertian antar negara di Asia Selatan untuk menghindari dan menyelesaikan konflik
● memperkuat kerjasama antar anggota dalam forum internasional mengenai hal yang sedang terjadi
● bekerjasama dengan organisasi internasional dan regional yang memiliki tujuan yang sama

3. Kerjasama ekonomi
Kerjasama ekonomi regional adalah bentuk kerjasama yang terjalin antara beberapa negara dalam satu wilayah atau kawasan. Kerjasama ini tidak dapat dilepaskan dari persamaan lokasi historis geografis teknik sumber daya alam dan pemasaran. 
Beberapa contoh kerjasama regional di bidang ekonomi adalah:
a) APEC ( Asia Pacific Economic Cooperation )
Yaitu wadah kerjasama bangsa-bangsa di kawasan Asia Pasifik di bidang ekonomi. Terbentuknya APEC dilatarbelakangi oleh perkembangan politik dan ekonomi dunia. Adanya perubahan besar pada pola perdagangan investasi maupun arus keuangan menimbulkan pentingnya konsultasi dan kerjasama regional. Apakah yang didirikan pada tahun 1989 bertujuan untuk lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat di kawasan Asia Pasifik berdasarkan pada prinsip non binding komitmen Open dialog dan saling menghormati terhadap pandangan negara anggota. Tujuan akhir pembentukan APEC adalah menciptakan kawasan perdagangan dan investasi yang bebas serta terbuka baik untuk negara maju maupun negara berkembang.
b) MEE ( Masyarakat Ekonomi Eropa )
Adalah sebuah organisasi internasional yang diciptakan oleh Perjanjian Roma Pada tahun 1957. Tujuannya adalah untuk mewujudkan integrasi ekonomi termasuk pasar umum di antara 6 anggota yaitu Belgia Perancis Italia Luxembourg Belanda dan Jerman Barat. Tujuan pembentukan organisasi MEE diantaranya sebagai berikut:
# Meningkatkan kerjasama ekonomi memperbaiki taraf hidup dan memperluas lapangan kerja khususnya bagi negara anggota MEE
# menjaga keseimbangan perdagangan antar negara anggota
# membatasi kegiatan ekspor impor antara negara MEE
# memperluas hubungan dengan negara-negara selain anggota MEE
Emi akhirnya berganti nama menjadi Uni Eropa atau melalui perjanjian maastrich. Perubahan nama ini juga mengubah pola organisasi menjadi lebih terbuka termasuk pada negara Non anggota.

B. ORGANISASI GLOBAL

     Organisasi global merupakan organisasi yang cakupan dan anggotanya luas terdiri atas beberapa negara di berbagai benua. Beberapa contoh organisasi global diantaranya;
1) general agreement on tariffs and trade / GAAT
Merupakan perjanjian perdagangan internasional yang disepakati pada Tahun 1948 di Jenewa Swiss. Tujuan pokoknya adalah untuk menciptakan perdagangan internasional yang bebas membantu menciptakan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Beberapa prinsip yang diterapkan oleh GATT antara lain;
 # trade without discrimination
 # protection through tariffs
 # prinsip transparansi atau keterbukaan
 # the Stable basic for trade
2) world trade organization / WTO
 merupakan badan internasional yang mengatur masalah perdagangan antar negara. WTO mengatur sistem perdagangan multilateral melalui persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara-negara anggota. Persetujuan tersebut merupakan kontrak antar negara anggota yang bersifat mengikat pemerintah untuk mematuhi dan melaksanakan kebijakan perdagangan di negaranya masing-masing. Tujuan utama pembentukan WTO adalah membantu Para produsen barang jasa eksportir maupun importir dalam kegiatan perdagangan. Selain itu WTO didirikan untuk menciptakan kesejahteraan negara-negara anggota melalui perdagangan internasional yang lebih bebas.
3) OPEC ( organization of the Petroleum exporting countries )
Merupakan organisasi negara-negara pengekspor minyak bumi. Tujuan OPEC untuk menyelesaikan masalah masalah mengenai produksi harga dan hak konsesi minyak bumi dengan berbagai perusahaan minyak di seluruh dunia. Obat pertama kali dibentuk karena jatuhnya harga minyak pada perusahaan-perusahaan besar, yang membuat negara-negara pengekspor minyak menjadi rugi.  tujuan didirikannya OPEC sebagai berikut;
 # Menjaga kestabilan harga minyak di pasar internasional
 # menghindari persaingan perdagangan minyak antara negara-negara anggota OPEC
 # memenuhi kebutuhan minyak dunia terutama negara-negara pusat industri
 # mengoordinasi dan menyatukan kebijakan tentang minyak bagi setiap negara anggota


Minggu, 19 Mei 2019

PERKEMBANGAN IPTEK DI ERA GLOBALISASI

A. GLOBALISASI
1. Pengertian
    Globalisasi isi dalam bahasa Inggris globalization memiliki arti mendunia atau bola dunia. Menurut bahasanya globalisasi berusaha mengupayakan keadaan politik ekonomi sosial dan budaya yang bersifat lokal menjadi berskala dunia internasional. Menurut Kamus Sosiologi globalisasi diartikan sebagai suatu proses dimana individu antar kelompok dan antar negara saling berinteraksi bergantung terkait dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. 
     Globalisasi juga dapat didefinisikan sebagai proses menyatunya masyarakat dunia yang bersifat umum yang batas-batas antarnegara luluh sehingga peralihan aspek-aspek kehidupan antar negara berjalan cepat. 

2. Karakteristik Globalisasi
     Dengan adanya globalisasi seluruh bangsa dan negara di dunia semakin dekat satu sama lain untuk mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru tanpa adanya batas-batas geografis ekonomi serta budaya masyarakat. Ciri-ciri era globalisasi secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
a) ditinjau dari aspek kultural
Globalisasi semakin meningkatkan interaksi kultural melalui perkembangan media massa seperti televisi internet film musik maupun berita skala internasional.
b) ditinjau dari aspek geografis
Adanya perubahan dalam ruang gerak dan waktu Hal ini ditandai dengan semakin menipisnya jangkauan geografis suatu wilayah yang dapat ditempuh dalam waktu singkat. Batasan antara wilayah seolah-olah bukan lagi menjadi suatu alasan.
c) ditinjau dari aspek ekonomis
Globalisasi telah memunculkan faktor-faktor internasional sebagai perusahaan multinasional yang berkembang di berbagai negara. Adanya perusahaan multinasional ini membuat pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung. Ciri lain yaitu semakin dominannya organisasi semacam ekonomi global contohnya world trade organization atau WTO.

Ciri globalisasi dalam perspektif geografi dapat digolongkan atas dua bentuk yaitu pertama fenomena semakin luasnya wilayah pengaruh suatu peristiwa dan aktivitas. Kedua fenomena semakin intensifnya proses yang berlangsung dalam satu wilayah pengaruh. Globalisasi telah menyingkirkan batas-batas geografis.

Dalam bidang ekonomi globalisasi sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam sejarah peradaban dunia. Sejak munculnya pergerakan nasional di dunia perdagangan dan migrasi lintas benua sudah berlangsung lama. Seiring perkembangan waktu kalau beli nasi terus mengalami peningkatan baik dari segi intensitas maupun cakupannya. 

Globalisasi ekonomi dapat membawa kemakmuran tapi juga dapat membawa syukur ekonomi yang timpang antara negara maju dan negara berkembang. Kompetisi merupakan proses utama penyelenggaraan ekonomi global dan liberalisasi Perdagangan. Negara-negara berkembang tidak memiliki sumber yang digunakan untuk melakukan kompetisi tersebut hal ini membuat negara-negara berkembang tidak mampu bersaing dengan negara-negara maju. Disamping itu negara berkembang bukan pasar yang kompetitif dibandingkan dengan negara industri maju. Sebagian besar masyarakat di negara berkembang mempunyai pendapatan rendah sehingga daya beli rendah akibatnya tidak ada investasi yang masuk ke wilayah itu. Penyebab mainan kertas tidak mau masuk adalah ketiadaan infrastruktur dan suprastruktur.  Meskipun demikian negara berkembang memiliki keunggulan dalam bidang Tenaga Kerja dan sumber alam. Salah satu faktor penting di era globalisasi saat ini adalah perusahaan multinasional. Keberadaan perusahaan multinasional menimbulkan dua akibat penting sebagai berikut;
     * pasar mempunyai kecenderungan monopoli dan Oligopoli yang dapat mematikan demokrasi ekonomi
     * dalam bidang politik pengaruh perusahaan multinasional terutama dalam pengambilan kebijakan politik telah meresahkan banyak kalangan yang menaruh perhatian pada masa depan demokrasi dunia.

     Munculnya perusahaan besar telah mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan. Kerusakan itu terlihat dari semakin meluasnya lahan kritis Akibat penebangan hutan untuk industri berskala Global pencemaran air dan udara oleh pabrik dan kegiatan eksplorasi mineral dan gas oleh perusahaan multinasional. Dampak hari adalah terjadinya perubahan iklim global dan hilangnya keragaman hayati di daerah tropis seperti Indonesia. Hal ini adalah dampak negatif globalisasi di bidang geografi.

     Aspek penting yang berpengaruh dalam globalisasi adalah bidang budaya. Budaya asing masuk ke Indonesia melalui media seperti televisi internet dan sebagainya. Arus informasi di media internasional di dominasi negara maju. Negara barat terutama Amerika Serikat melalui penyebaran informasi telah menyebarkan budaya mereka ke dalam kehidupan negara dan bangsa lain di dunia. Informasi pemberitaan film lagu-lagu hingga ke hidup orang Amerika atau menjadi tren di berbagai negara termasuk Indonesia. 

B. IPTEK ( ilmu pengetahuan dan teknologi )
     Manusia berkembang dan menciptakan suatu perubahan dalam menjawab tantangan zaman. Berawal dari kemampuan manusia dalam mengolah ilmu pengetahuan dan teknologi dari tingkat dasar dan sederhana hingga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin tinggi dan modern. Kemajuan dan tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi juga tidak lepas dari usaha manusia yang selalu mencari dan menemukan terobosan baru dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi manusia dalam kehidupannya. 

1. Perkembangan IPTEK
     Iptek muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Tujuan utama perkembangan Iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik mudah murah cepat dan aman. Di era globalisasi ilmu pengetahuan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kehidupan. Iptek menjadi faktor penentu keberadaan dan kemajuan masyarakat. Kecenderungan ke arah globalisasi dan memanfaatkan iptek akan tertindas oleh kemajuan bangsa-bangsa lain. Berkat kemajuan iptek ini kita akan mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat luar. 
     Proses akulturasi dan pengaruh nilai-nilai kebudayaan antara bangsa secara langsung ataupun tidak langsung dapat mempengaruhi nilai data hidup kehidup sikap hidup maupun pikiran manusia. Maka dari itu diperlukan sikap bijaksana yaitu kesediaan untuk membuka diri terhadap tuntutan zaman sekaligus waspada terhadap nilai-nilai sosial budaya dari luar. 
     Meningkatnya hubungan antar bangsa di dunia membawa pengaruh pada tata nilai dan budaya luar yang masuk ke Indonesia. Akibatnya jika kita tidak mempunyai ketahanan mental Ideologi dan kewaspadaan yang kuat dapat menjadi korban globalisasi dan pergaulan antar bangsa. 

2. Dampak perkembangan IPTEK
  a) Dampak Positif
+ memberikan berbagai kemudahan
+ mempermudah meluasnya berbagai informasi
+ bertambahnya pengetahuan dan wawasan
  b) Dampak Negatif
- mempengaruhi munculnya berbagai bentuk kejahatan
- hilangnya Budaya tradisional
- banyaknya kerusakan di bumi

Jumat, 17 Mei 2019

SOAL PAS GASAL 2019 KELAS X SEJARAH INDONESIA

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. jelaskan pengertian sejarah menurut aristoteles...
A.  sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan dari beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan
B. Sejarah sebagai catatan tentang manusia dan peradabannya dengan seluruh proses perubahan secara nyata dengan segala sebab dan akibatnya
C. Sejarah merupakan suatu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi
D. Sejarah adalah cerita tentang perubahan perubahan itu sendiri
E. Sejarah tidak berkembang lurus ke arah masa depan tetapi bergerak seperti garis yang melingkar

2. Secara etimologis sejarah berasal dari kata syajaratun yang berasal dari bahasa Arab yang berarti...
A. Pohon
B. Ranting
C. Cabang
D. Dahan
E. Akar

3. Berikut ini yang merupakan unsur dalam sejarah adalah...
A. Tempat waktu dan manusia
B.  manusia ruang dan waktu
C. Ruang waktu dan hewan
D. Alam hewan dan manusia
E.  hewan ruang dan manusia

4. Pembabakan dan pengklasifikasian peristiwa-peristiwa dalam sejarah disebut dengan...
A. Diakronik
B. Sinkronik
C. Kategorisasi
D. Kronik
E. Periodesasi

5. Chronos mempunyai arti...
A. Uraian
B. Kronologis
C. Melampaui
D. Dengan
E. Waktu

6.  Bagaimana cara berfikir sinkronik...
A. Penggambaran keadaan ekonomi di Indonesia pada suatu waktu tertentu
B. Meneliti waktu yang panjang
C. Membuat kesimpulan tentang perkembangan peristiwa
D. Sejarah yang mementingkan proses sejarah akan membicarakan suatu peristiwa tertentu dengan tempat tertentu dari waktu ke waktu
E. Menganalisis sesuatu pada saat tertentu titik tetap pada waktunya

7.  Arti perubahan dalam sejarah adalah...
A. Kemajuan iptek di dunia semakin berkembang
B. Cepatnya atau canggihnya ilmu teknologi
C. Perubahan bentuk negara yang semula Federal atau kesatuan menjadi Republik
D. Perubahan fashion Barat yang masuk ke Indonesia
E. Masa dimana kejadian saat itu sudah tidak terulang lagi

8. Keadaan yang telah berlangsung lama dalam sejarah Catatan sejarah kehidupan manusia merupakan gejala dari berkelanjutan menurut...
A. Ibnu Khaldun
B. Moh Ali
C. Moh Yamin
D.  Ruslan Abdul Ghani
E. Aristoteles

9. Ciri-ciri zaman arkaekum adalah...
A. Keadaan bumi masih belum stabil curah hujan sangat besar dan iklim masih berubah-ubah
B. Terdapat banyak hewan reptil seperti dinosaurus iklim di bumi mulai hangat dan berlangsung sekitar 150 juta tahun
C. Belum ada kehidupan iklim di bumi berubah-ubah dan sekitar 340 jutaan tahun yang lalu
D.  mulai ada tanda-tanda kehidupan yang mulai berkembang
E. Belum ada kehidupan memiliki udara yang sangat panas keadaan bumi belum stabil karena masih dalam proses pembentukan

10. Masa dimana reptil raksasa mulai ada di bumi adalah masa...
A. Masa arkaikum
B. Masa paleozoikum
C. Masa mesozoikum
D. Masa neozoikum
E. Masa kuarter

11. Dibawah ini yang termasuk zaman hidup manusia purba adalah...
A. Paleozoikum
B. Neozoikum
C. Quarter
D. Mesozoikum
E. Megalitikum

12. Di mana tempat ditemukannya Pithecanthropus erectus...
A. Trinil pinggir Bengawan Solo
B. Sukoharjo Jawa Timur
C. Sangiran Jawa Tengah
D. Solo
E. Salatiga

13. Homo wajakensis ditemukan oleh...
A. Von koenigswald
B. Von rietschoten
C. Eugene Dubois
D. Davidson Black
E. Aristoteles

14. Berikut ini manusia purba yang dianggap sebagai makhluk missing link adalah...
A. Homo florensiensis
B. Meganthropus Paleojavanicus
C. Pithecanthropus erectus
D. Homo sapiens
E. Homo wajakensis

15. Salah satu ciri-ciri homo florensiensis adalah...
A. Volume otaknya 380.cc
B. Tinggi badannya 130-210 cm
C. Volume otaknya 1000-1200 cc
D. Hidupnya sekitar 90000 tahun yang lalu
E. Berhidung lebar

16. Dibawah ini yang termasuk keturunan dari bangsa Proto Melayu di Indonesia adalah...
A. Jawa
B. Toraja
C. Sunda
D. Asmat
E. Bugis

17. Bangsa Deutro Melayu masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun...
A. 2500 SM
B. 2000 SM
C. 1000 SM
D. 500 SM
E. 100 SM

18. Siapa nama tokoh yang menyebutkan bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan...
A. Moh Ali
B. Dr. Brandes
C. H. Kern
D. Moh Yamin
E. Arostoteles

19. Sebutkan corak kehidupan sosial pada masa berburu dan meramu...
A. Pembagian kerja semisedenter mengenal melukis mengelompokkan api Slash and Burn
B. Slash and Burn menetap gotong royong pembagian kerja dan primus inter pares
C. Menetap barter
D. Pembagian kerja barter menetap
E. Slash and Burn semi menetap melukis gotong royong

20. Corak kehidupan sosial pada masa bercocok tanam dilaksanakan dengan cara terbang lalu bakar yang dikenal dengan istilah...
A. Sedenter
B. Primus inter pares
C. Atelier
D. Pastoralisme
E. Slash and Burn

21. Sistem kepercayaan pada masa bercocok tanam adalah segala sesuatu yang ada di bumi ini Baik hidup maupun mati memiliki roh kepercayaan tersebut dikenal dengan istilah...
A. Aninisme
B. Dinamisme
C. Totemisme
D. Fanatisme
E. Mekanisme

22. Pada zaman logam hasil kebudayaan berupa...
A. Kapak corong kapak genggam dan dolmen
B. Kapak lonjong kapak persegi dan kapak genggam
C. Nekara kapak corong dan candrasa
D. Kapak persegi kapak corong dan anak panah
E. Moko kapak lonjong Arca dan kapak persegi

23. Abris Sous Roche adalah...
A. Gua yang memiliki bentuk cekung pada gunung dan digunakan sebagai tempat tinggal oleh manusia purba pada masa mesolitikum
B. Gua yang digunakan sebagai tempat ibadah
C. Gua yang digunakan sebagai tempat persembunyian para tentara
D. Kue yang memiliki bentuk seru-seru pada batu karang yang digunakan sebagai tempat tinggal oleh orang-orang hidup di zaman mesolitikum
E. Buah yang memiliki bentuk jeruk pada karang dan digunakan sebagai tempat tinggal oleh manusia purba pada masa Neolitikum

24. Perhatikan data berikut!
1) Beliung persegi
2) mata panah
3) sepiah belah
4) gerabah
5) kapak genggam
Dari data diatas yang termasuk hasil budaya Zaman Neolitikum adalah...
A. 1, 2 ,3
B. 3, 4, 5
C. 1, 3, 4
D. 5, 3, 4
E. 1, 2, 3

25. Dibawah ini yang termasuk bangunan megalitikum beserta fungsinya adalah...
A. Menhir sebagai tempat untuk melakukan pemujaan terhadap roh nenek moyang
B. Nakara dan moko alat yang digunakan sebagai upacara sembahan kepada nenek moyang
C. Dolmen sebagai pengiring roh atau tempat sesaji pada saat upacara
D. Beliung persegi untuk mengerjakan pekerjaan ladang atau sawah
E. Punden berundak sebagai tempat penguburan mayat

26. Pada zaman megalitikum terdapat menhir yang berfungsi untuk...
A. Bangunan yang disusun secara bertingkat-tingkat
B. Tugu atau batu yang tegak
C.  bangunan megalitik yang memiliki banyak bentuk dan fungsi
D. Kubur batu
E. Sebongkah batu besar berbentuk bulat yang diatasnya dapat digunakan untuk upacara

27. Berikut ini adalah benda-benda yang termasuk peninggalan zaman logam yaitu...
A. Menhir
B. Dolmen
C. Moko
D. Gerabah
E. Sarkofagus

28. Yang termasuk folklor lisan adalah...
A. Cerita sangkuriang
B. Lir ilir
C. Ketoprak
D. Wayang
E. Batu nisan

29. Salah satu contih dari legenda tempat adalah...
A. Sunan kalijaga
B. Danau toba
C. Joko tingkir
D. Nenek gayung
E. Sabgkuriang

30. Bangsa India datang ke Indonesia untuk berdagang mereka bermukim ke Indonesia bahkan meningkatkan memimpin kelompok masyarakat dan menyebarkan agama merupakan isi teori dari...
A. Teori ksatria
B. Teori brahmana
C. Teori waisya
D. Teori sudra
E. Teori arus balik

31. Yang termasuk tokoh pendukung teori brahmana adalah....
A. F D K Bosh
B. J C Van Leur
C. G Robert
D. N J Korm
E. Jan Haroled

32. Raja dari kerajaan Kutai yang dianggap sebagai pendiri dinasti adalah...
A. Asmawarman
B. Indrawarnan
C. Mulawarman
D. Kudungga
E. Jawa warman

33.  Berikut ini adalah bukti bahwa agama Hindu beraliran Siwa...
A. Tapak liman
B. Batu nisan Fatimah binti maimun
C. Nekara
D. Perunggu perak
E. Pemberian dari Raja Mulawarman berupa 20.000 ekor sapi untuk para Brahmana dari Hindu

34. Berikut ini adalah raja-raja dari Tarumanegara...
A. Purnawarman
B. Asmawarman
C. Kudungga
D. Airlangga
E. Ratu Sima

35. Isi dari prasasti Ciaruteun adalah...
A.Cap tangan Purnawarman
B. Cap telapak kaki purnawarman
C. Tulisan jawa
D. Kaligrafi
E. Tulisan tinta merah

36. Yang termasuk faktor-faktor pendorong kebesaran Kerajaan Sriwijaya adalah...
A. Memiliki kekuasaan yang luas
B. Memiliki Armada laut yang kuat
C. Wilayah kurang strategis
D. Bukan tempat yang dijadikan persinggahan tapi menetap
E. Alam nya sangat indah

37. Jalur perdagangan di Asia Tenggara yang dikuasai Sriwijaya adalah
A. Selat Sunda bagian Bangka Selat Malaka
B. Laut Jawa bagian barat Selat Sunda
C. Selat Sunda Selat Bangka
D. Selat Bangka Selat Malaka
E. Selat Malaka Laut Jawa bagian barat

38. Dari manakah sumber sejarah Kerajaan Mataram Kuno...
A.  prasasti tukmas
B. Prasasti Canggal dan prasasti Mantyasih
C. Kitab Negarakertagama
D. Prasasti Canggal
E. Prasasti sang hyang tapak

39. Tujuan terjadinya perkawinan antara Rakai Pikatan dengan Pramudya Wardani adalah...
A. Untuk menguasai wilayah jawa barat
B. Untuk menguasai wilayah Jawa Tengah
C. Untuk menguasai wilayah Jawa Timur
D. Untuk menguasai wilayah Kalimantan
E. Untuk menguasai wilayah Sulawesi

40. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) negarakertagama
2) baratayudha
3) pararaton
4) arjunawiwaha

Dari data diatas yang termasuk kitab dari kerajaan Majapahit adalah
A. 1 dan 3
B. 4 dan 2
C. 1 dan 2
D. 4 dan 3
E. 1 dan 4


II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas pada lembar jawaban yang tersedia!
41. Siapa nama sejarawan yang membagi dimensi waktu menjadi 4 hal?
42. Sebutkan bangsa Indonesia sekarang keturunan bangsa Proto Melayu?
43. Sebutkan hasil-hasil budaya zaman paleolitikum?
44. Jelaskan fungsi Nekara?
45. Jelaskan penyebab terjadinya perang Bubat?





SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (SEMESTER GENAP) SEJARAH INDONESIA KELAS XI

1) Untuk menguasai kawasan Asia Pasifik Jepang menyerang pangkalan Amerika, dikawasan Asia Pasifik. Peristiwa penyerangan Jepang terhadap pa...