Cari Blog Ini

Minggu, 19 Mei 2019

PERKEMBANGAN IPTEK DI ERA GLOBALISASI

A. GLOBALISASI
1. Pengertian
    Globalisasi isi dalam bahasa Inggris globalization memiliki arti mendunia atau bola dunia. Menurut bahasanya globalisasi berusaha mengupayakan keadaan politik ekonomi sosial dan budaya yang bersifat lokal menjadi berskala dunia internasional. Menurut Kamus Sosiologi globalisasi diartikan sebagai suatu proses dimana individu antar kelompok dan antar negara saling berinteraksi bergantung terkait dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. 
     Globalisasi juga dapat didefinisikan sebagai proses menyatunya masyarakat dunia yang bersifat umum yang batas-batas antarnegara luluh sehingga peralihan aspek-aspek kehidupan antar negara berjalan cepat. 

2. Karakteristik Globalisasi
     Dengan adanya globalisasi seluruh bangsa dan negara di dunia semakin dekat satu sama lain untuk mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru tanpa adanya batas-batas geografis ekonomi serta budaya masyarakat. Ciri-ciri era globalisasi secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
a) ditinjau dari aspek kultural
Globalisasi semakin meningkatkan interaksi kultural melalui perkembangan media massa seperti televisi internet film musik maupun berita skala internasional.
b) ditinjau dari aspek geografis
Adanya perubahan dalam ruang gerak dan waktu Hal ini ditandai dengan semakin menipisnya jangkauan geografis suatu wilayah yang dapat ditempuh dalam waktu singkat. Batasan antara wilayah seolah-olah bukan lagi menjadi suatu alasan.
c) ditinjau dari aspek ekonomis
Globalisasi telah memunculkan faktor-faktor internasional sebagai perusahaan multinasional yang berkembang di berbagai negara. Adanya perusahaan multinasional ini membuat pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung. Ciri lain yaitu semakin dominannya organisasi semacam ekonomi global contohnya world trade organization atau WTO.

Ciri globalisasi dalam perspektif geografi dapat digolongkan atas dua bentuk yaitu pertama fenomena semakin luasnya wilayah pengaruh suatu peristiwa dan aktivitas. Kedua fenomena semakin intensifnya proses yang berlangsung dalam satu wilayah pengaruh. Globalisasi telah menyingkirkan batas-batas geografis.

Dalam bidang ekonomi globalisasi sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam sejarah peradaban dunia. Sejak munculnya pergerakan nasional di dunia perdagangan dan migrasi lintas benua sudah berlangsung lama. Seiring perkembangan waktu kalau beli nasi terus mengalami peningkatan baik dari segi intensitas maupun cakupannya. 

Globalisasi ekonomi dapat membawa kemakmuran tapi juga dapat membawa syukur ekonomi yang timpang antara negara maju dan negara berkembang. Kompetisi merupakan proses utama penyelenggaraan ekonomi global dan liberalisasi Perdagangan. Negara-negara berkembang tidak memiliki sumber yang digunakan untuk melakukan kompetisi tersebut hal ini membuat negara-negara berkembang tidak mampu bersaing dengan negara-negara maju. Disamping itu negara berkembang bukan pasar yang kompetitif dibandingkan dengan negara industri maju. Sebagian besar masyarakat di negara berkembang mempunyai pendapatan rendah sehingga daya beli rendah akibatnya tidak ada investasi yang masuk ke wilayah itu. Penyebab mainan kertas tidak mau masuk adalah ketiadaan infrastruktur dan suprastruktur.  Meskipun demikian negara berkembang memiliki keunggulan dalam bidang Tenaga Kerja dan sumber alam. Salah satu faktor penting di era globalisasi saat ini adalah perusahaan multinasional. Keberadaan perusahaan multinasional menimbulkan dua akibat penting sebagai berikut;
     * pasar mempunyai kecenderungan monopoli dan Oligopoli yang dapat mematikan demokrasi ekonomi
     * dalam bidang politik pengaruh perusahaan multinasional terutama dalam pengambilan kebijakan politik telah meresahkan banyak kalangan yang menaruh perhatian pada masa depan demokrasi dunia.

     Munculnya perusahaan besar telah mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan. Kerusakan itu terlihat dari semakin meluasnya lahan kritis Akibat penebangan hutan untuk industri berskala Global pencemaran air dan udara oleh pabrik dan kegiatan eksplorasi mineral dan gas oleh perusahaan multinasional. Dampak hari adalah terjadinya perubahan iklim global dan hilangnya keragaman hayati di daerah tropis seperti Indonesia. Hal ini adalah dampak negatif globalisasi di bidang geografi.

     Aspek penting yang berpengaruh dalam globalisasi adalah bidang budaya. Budaya asing masuk ke Indonesia melalui media seperti televisi internet dan sebagainya. Arus informasi di media internasional di dominasi negara maju. Negara barat terutama Amerika Serikat melalui penyebaran informasi telah menyebarkan budaya mereka ke dalam kehidupan negara dan bangsa lain di dunia. Informasi pemberitaan film lagu-lagu hingga ke hidup orang Amerika atau menjadi tren di berbagai negara termasuk Indonesia. 

B. IPTEK ( ilmu pengetahuan dan teknologi )
     Manusia berkembang dan menciptakan suatu perubahan dalam menjawab tantangan zaman. Berawal dari kemampuan manusia dalam mengolah ilmu pengetahuan dan teknologi dari tingkat dasar dan sederhana hingga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin tinggi dan modern. Kemajuan dan tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi juga tidak lepas dari usaha manusia yang selalu mencari dan menemukan terobosan baru dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi manusia dalam kehidupannya. 

1. Perkembangan IPTEK
     Iptek muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Tujuan utama perkembangan Iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik mudah murah cepat dan aman. Di era globalisasi ilmu pengetahuan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kehidupan. Iptek menjadi faktor penentu keberadaan dan kemajuan masyarakat. Kecenderungan ke arah globalisasi dan memanfaatkan iptek akan tertindas oleh kemajuan bangsa-bangsa lain. Berkat kemajuan iptek ini kita akan mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat luar. 
     Proses akulturasi dan pengaruh nilai-nilai kebudayaan antara bangsa secara langsung ataupun tidak langsung dapat mempengaruhi nilai data hidup kehidup sikap hidup maupun pikiran manusia. Maka dari itu diperlukan sikap bijaksana yaitu kesediaan untuk membuka diri terhadap tuntutan zaman sekaligus waspada terhadap nilai-nilai sosial budaya dari luar. 
     Meningkatnya hubungan antar bangsa di dunia membawa pengaruh pada tata nilai dan budaya luar yang masuk ke Indonesia. Akibatnya jika kita tidak mempunyai ketahanan mental Ideologi dan kewaspadaan yang kuat dapat menjadi korban globalisasi dan pergaulan antar bangsa. 

2. Dampak perkembangan IPTEK
  a) Dampak Positif
+ memberikan berbagai kemudahan
+ mempermudah meluasnya berbagai informasi
+ bertambahnya pengetahuan dan wawasan
  b) Dampak Negatif
- mempengaruhi munculnya berbagai bentuk kejahatan
- hilangnya Budaya tradisional
- banyaknya kerusakan di bumi

1 komentar:

Yaudah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (SEMESTER GENAP) SEJARAH INDONESIA KELAS XI

1) Untuk menguasai kawasan Asia Pasifik Jepang menyerang pangkalan Amerika, dikawasan Asia Pasifik. Peristiwa penyerangan Jepang terhadap pa...