Cari Blog Ini

Senin, 15 April 2019

LATIHAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS XII PAS GASAL 2019

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Surat perintah 11 maret 1966 merupakan untung gak sejarah yang menandai lahirnya...
A. TRITURA
B. Sidang umum MPRS IV
C. ORBA
D. Ketetapan MPRS
E. Kabinet ampera

2. Letjen soeharto diambil sumpah nya sebagai pejabat presiden republik indonesia pada tanggal...
A. 11 maret 1966
B. 12 maret 1966
C. 12 maret 1967
D. 27 februari 1967
E. 28 maret 1968

3. Menciptakan stabilitas ekonomi dan politik merupakan tugas pokok kabinet ampera yang bernama...
A. Eka dharma
B. Dwi dharma
C. Tri dharma
D. Catur karya
E. Sapta marga

4. Yang bukan merupakan kebijakan yang dilakukan presiden soeharto dalam bidang politik dan ekonomi adalah...
A. Penataran p4
B. Dwi fungsi ABRI
C. PELITA
D. Revolusi hijau
E. Keluarga berencana

5. Angkatan bersenjata republik indonesia sebagai kekuatan hankam dan kekuatan sosial disebut...
A. Program trilogi pembangunan
B. Dwifungsi ABRI
C. Pola dasar pembangunan
D. Model dasar pembangunan
E. Kebijakan politik orde baru

6. Perubahan secara cepat cara manusia dalam heart attack tanam untuk menghasilkan padi yang lebih unggul dengan sistem yang modern dinamakan...
A. Panca usaha tani 
B. Revolusi hijau
C. Intensifikasi
D. Diferensiasi
E. Ekstensifikasi

7. Pada tahun 1984 bangsa indonesia mencapai swasembada pangan sehingga presiden soeharto mendapat penghargaan dari.....di Paris.
A.  UNESCO
B. UNICEF
C. ILO
D. FAO
E. PBB

8. Menanam tanaman lebih dari satu jenis tanaman dalam satu lahan disebut...
A. Intensifikasi
B. Ekstensifikasi
C. Diferensiasi
D. Revolusi hijau
E. Panca usaha tani

9. Yang bukan merupakan aspek globalisasi antara lain adalah...
A. Aspek ekonomi
B. Aspek agama dan budaya
C. Aspek teknologi
D. Aspek demografi
E. Aspek imigrasi

10. 11 agustus 1966 tokoh dari indonesia yang mendapat menandatangani persetujuan normalisasi indonesia malaysia adalah...
A. Soeharto
B. Adam malik
C. Ali alatas 
D. Muchtar kusuma atmadja
E. Alwi shihab

11. Negara asean sekarang ini ada 11 negara-negara yang paling akhir masuk anggota adalah...
A. Brunei darussalam
B. Filipina
C. Thailand
D. Timor leste
E. Kamboja

12. Negara di bawah ini yang bukan pemprakars terbentuknya asean adalah...
A. Malaysia
B. Filipina
C. Thailand
D. Singapura
E. Sri lanka

13. Yang dimaksud pengertian bebas dalam politik luar negeri indonesia yang bebas aktif adalah...
A. Menjalankan kebebasan sepenuhnya
B. Tidak memihak ke blok manapun
C. Bebas menjalankan politik luar negeri sendiri
D. Politik yang tidak terikat tetapi aktif dalam menjaga perdamaian
E. Politik yang aktif dalam menjaga perdamaian dunia

14. Yang bukan tokoh pendiri gerakan non-blok adalah...
A. Soeharto
B. Gamal abdul nasser
C. Josef bros tito
D. Jawaharlal nehru
E. Kwame N Krumah

15. Perhatikan data di bawah ini!
1) mengadakan kerjasama dalam pertanian industri dan perdagangan
2) memelihara dan meningkatkan kerjasama dengan organisasi regional dan internasional
3) membentuk suatu kekuatan politik militer di wilayah asia tenggara
4) membentuk perdagangan bebas di wilayah asean
5) memajukan perdamaian dan stabilitas di kalangan asia tenggara
Pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan tujuan asean adalah...
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 1, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5

16. KTT yang bertujuan menyatukan negara-negara dari dulu amerika australia dan asia dalam satu bentuk ekonomi yang kuat adalah...
A. APEC I
B. APEC II
C. APEC III
D. APEC IV
E. APEC V

17. Keberhasilan pemerintahan orde baru dalam pelaksanaan panca usaha tani adalah...
A. Keluarga berencana
B. Pertanian bibit unggul
C. Klompencapir
D. Swasembada pangan
E. Pertanian mandiri

18. Penyederhanaan partai politik pada masa orde baru bertentangan dengan prinsip...
A. Nasionalisme
B. Musyawarah mufakat
C. Keadilan sosial
D. Demokrasi
E. Liberalisme

19. Kontingen garuda XIV/4 dikirim ke bosnia pada tahun 1994 dipimpin oleh...
A. Letkol inf edi budianto
B. Letkol pol drs Suhartono
C. Letkol  Mazni Harundalam
D. Letkol Heridadi
E. Letkol anwar ende

20. Peranan orde baru menguat dalam kehidupan politik terlihat dalam penerapan kebijakan...
A. Pelaksanaan multi partai
B. Kebebasan berpendapat
C. Adanya fusi dalam partai politik
D. Pancasila sebagai ideologi negara
E. Pelaksanaan politik bebas aktif



KISI-KISI PAT 2018-2019 SEJARAH KELAS XI

Kompetensi Dasar

Menganalisis respon Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan
Respon Bangsa Indonesia terhadap Kolonialisme dan Imperialisme dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan
Menganalisis akar-akar Nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini
Akar-akar nasionalisme dan perkembangannya di Indonesia
Menganalisis akar-akar demokrasi di Indonesia dan perkembangannya hingga masa kini
Akar-akar demokrasi dan perkembangannya di Indonesia
Menganalisis persamaan dan perbedaan tentang strategi pergerakan nasional
Strategi perjuangan organisasi pergerakan nasional pada masa radikal dan demokrat
Menganalisis kehidupan Bangsa Indonesia di bidang sosial, ekonomi, budaya, militer dan pendidikan pada zaman pendudukan Jepang
Kehidupan Bangsa Indonesia pada zaman Jepang
Menganalisis pemikiran dalam Piagam PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945 dan perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa kini
Pemikiran dalam Piagam PBB,Proklamasi 17 Agustus 1945 dan perangkat kenegaraan.

Kisi-kisi PAT 2019 Sejarah klik di bawah ini

KISI-KISI PAT 2019 SEJARAH KELAS XI

Rabu, 10 April 2019

SOAL SEJARAH KELAS X PTS GENAP 2019

1. Perhatikan data berikut!
1) memasuki wilayah Indonesia sekitar 1500 sampai 500 SM
2) memasuki wilayah Indonesia secara bergelombang
3) telah pandai membuat barang dari logam dan perunggu
4) suku Dayak Toraja Baduy Tengger dan Samin adalah beberapa sukunya
5) berasal dari bangsa Yunan di Cina Tengah
Dari data diatas yang termasuk dalam ciri-ciri bangsa Proto Melayu ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 2 dan 3
B. 1 3 dan 4
C. 1 4 dan 5
D. 2 3 dan 4
E. 2 3 dan 5

2. Manusia tertua yang ada di Indonesia ditemukan di daerah...
A. Trinil
B. Jetis
C. Soloensis
D. Mojokertensis
E. Wajakensis

3. Kebudayaan perunggu di Indonesia sering dikenal dengan kebudayaan...
A. Dongson
B. Indonesia
C. Pacitan
D.  Bacson Hoabinh
E. Vietnam

4. Keturunan bangsa deutro Melayu di Indonesia antara lain...
A. Dayak Batak Toraja
B. Dayak Jawa Toraja
C. Bugis Jawa Toraja
D. Peta Bugis Melayu
E. Bugis Melayu Jawa

5. Bangsa Deutro Melayu atau melayu muda yang masuk ke Indonesia diperkirakan pada 500 SM merupakan pendukung budaya zaman...
A. Paleolitikum
B. Neolitikum
C. Kebudayaan Dongson
D. Mesolitikum
E. Megalitikum

6. Kehidupan makhluk hidup diperkirakan sudah ada pada zaman...
A. Paleozoikum
B. Quartier
C. Kenozoikum
D. Sekunder
E. Primer

7. Ciri-ciri kehidupan manusia purba pada masa perundagian adalah...
A. Sudah ada pembagian kerja yang baik
B. Timbulnya perdagangan barter
C. Masih berpindah-pindah tempat
D. Hidup di gua-gua
E. Food gathering

8. Hasil kebudayaan pada zaman batu besar salah satunya adalah dolmen. Yang dimaksud dengan dolmen adalah...
A. Tugu batu yang didirikan untuk upacara menghormati roh nenek moyang
B. Meja batu yang digunakan untuk meletakkan sesaji untuk pemujaan
C. Peti jenazah yang terpendam di dalam tanah dan berbentuk persegi panjang
D. Keranda batu atau peti mayat yang terbuat dari batu
E. Meja batu yang digunakan untuk meletakkan mayat ketua kelompok

9. Pernyataan yang tepat mengenai kjokkenmedinger adalah...
A. Merupakan peninggalan kebudayaan neolitikum yang berarti gua gua karang
B. Merupakan hasil kebudayaan mesolithikum yang banyak ditemukan di Sumatera
C. Hasil kebudayaan yang berupa sampah dapur pada masa paleolitikum
D. Merupakan wujud kebudayaan megalitikum yang ditemukan oleh Eugene Dubois
E.  merupakan hasil kebudayaan mesolithikum yang berupa tempat tinggal

10. Ditemukannya telapak tangan di gua Leang pattae Sulawesi Selatan menandakan masyarakat...
A. Mulai dikenal kepercayaan
B. Sudah mengenal astronomi
C. Sudah mengenal dukun
D. Mulai mengenal tulisan
E. Mulai dikenal pembagian kerja

11. Pithecanthropus erectus ditemukan di desa Trinil Ngawi Jawa Timur pada tahun 1890 oleh...
A. Eugene Dubois
B. Van Rietschoten
C. Raymond Dart
D. Von Koenigswald
E. Davidson Black

12. Nekara yang berhiaskan katak yang dibuat dari perunggu digunakan sebagai...
A. Alat upacara menerima tamu
B. Alat upacara memanggil hujan
C. Alat upacara keagamaan
D.  tempat pemujaan roh nenek moyang
E. Tempat tinggal roh nenek moyang

13. Menhir merupakan salah satu hasil budaya Megalitikum bangunan ini berfungsi sebagai...
A. Benteng pertahanan para roh
B. Tempat pemujaan Dewa
C. Tempat mengusir roh jahat
D. Tempat pemujaan roh nenek moyang
E. Tempat tinggal roh nenek moyang


14. Perhatikan data berikut!
1) adanya migrasi secara bergelombang dari bangsa Yunan
2) alat-alat dari batu sudah mulai digosok meskipun belum halus
3) nama lainnya adalah zaman batu madya atau batu Tengah
4) berbagai alat yang digunakan berasal dari batu dan tulang
5) kapak lonjong dan tembikar adalah hasil kebudayaannya
Dari ciri-ciri diatas yang merupakan ciri dari zaman neolitikum ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 4 dan 5
B. 2 3 dan 4
C. 1 2 dan 3
D. 2 4 dan 5
E. 3 4 dan 5

15. Suku-suku yang tersebar di wilayah Indonesia memiliki kesamaan etnik fisik dan bahasa dengan bangsa yang ada di pulau Formosa pulau malagasi dan pantai barat Amerika. Pendapat tersebut dikemukakan oleh...
A. Moh. Amin
B. Moh. Yamin
C. Prof. Dr. Kern
D. Dr. Krom
E. Brandes

16. Dari masa prasejarah banyak hasil kebudayaan yang dapat ditemukan salah satunya adalah kjokkenmedinger yang merupakan hasil kebudayaan dari zaman...
A. Paleolitikum
B. Mesolitikum
C. Neolitikum
D. Megalitikum
E. Mesozoikum

17. Hasil kebudayaan dari zaman batu megalitikum yang ditemukan di Minahasa yang digunakan sebagai peti kubur atau peti jenazah adalah...
A. Punden berundak
B. Peti batu
C. Sarkofagus
D. Dolmen
E. Waruga

18. Alat-alat dari tulang dan tanduk Hewan termasuk dalam kebudayaan...
A. Ngandong
B. Pacitan
C. Perlak
D. Sampang
E. Ponorogo

19. Kebudayaan zaman batu tua atau zaman paleolitikum di Indonesia dibagi menjadi dua daerah. Manusia purba yang diperkirakan tinggal adalah Homo Soloensis dan homo wajakensis yang menghasilkan...
A. Kebudayaan Pacitan
B. Kebudayaan Ngandong
C. Kebudayaan Bacson Hoabinh
D. Kebudayaan Sangiran
E. Kebudayaan Trinil

20. Meganthropus Paleojavanicus atau manusia tertua dari Jawa ditemukan di Sangiran Kabupaten Sragen Jawa Tengah yang ditemukan oleh...
A. Eugene Dubois
B. Van Rietschoten
C. Raymond Dart
D. Von Koenigswald
E. Davidson Black

21. Kepercayaan terhadap makhluk-makhluk halus dikenal dengan sebutan...
A. Totem
B. Tatoisme
C. Animisme
D. Dinamisme
E. Ma'na

22. Kubur batu yang berbentuk kubus disebut dengan...
A. Dolmen
B. Peti kubur
C. Sarkofagus
D. Waruga
E. Menhir

23. Manusia pendukung kebudayaan Pacitan adalah...
A. Homo Mojokertensis
B. Homo Soloensis
C. Homo wajakensis
D. Homo sapiens
E. Pithecanthropus erectus

24. Bangunan megalitikum yang merupakan prototipe dari candi Borobudur adalah...
A. Waruga
B. Menhir
C. Punden berundak
D. Sarkofagus
E. Dolmen

25. Secara arkeologis pembabakan zaman di Indonesia dibedakan menjadi...
A. Zaman logam dan besi
B. Zaman batu dan logam
C. Zaman primer dan sekunder
D. Zaman batu dan primer
E  zaman kuarter dan tersier

26. Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan alat-alat yang digunakan manusia purba terbuat dari...
A. Batu dan tulang
B. Logam
C. Lilin
D. Besi dan perunggu
E. Campuran batu

27. Zaman logam di Indonesia dimulai pada zaman...
A. Tembaga
B. Besi
C. Paleolitikum
D. Perunggu
E. Primer

28. Sistem perdagangan yang pertama kali muncul dalam kehidupan masyarakat prasejarah adalah...
A. Barter
B. Mata uang emas
C. Batu permata
D. Tawar menawar
E. Sistem pasar

29. Manusia purba yang memiliki tingkatan paling tinggi dan sudah hampir menyerupai manusia modern yang berasal dari Perancis adalah...
A. Homo neanderthalensis
B. Pithecanthropus pekinensis
C. Australopithecus boisei
D. Homo cro-magnon
E. Australopithecus robustus

30. Tokoh yang berpendapat bahwa asal-usul nenek moyang Indonesia berasal dari Indonesia sendiri adalah...
A. Moh Yamin
B. Max ingman
C. K J C Kern
D. Harry truman Simanjuntak
E. Moh Ali

31. Manusia sudah mulai hidup menetap dilakukan pada masa...
A. Neolitikum
B. Bercocok tanam
C. Berburu dan mengumpulkan makana
D. Perundagian
E. Bersawah

32. Hidup secara berpindah-pindah yang dilakukan oleh masyarakat praaksara disebut dengan...
A. Nomaden
B. Food gathering
C. Sedenter
D. Food producing
E. Urbanisasi

33.  fosil manusia purba yang ditemukan oleh Davidson Black di Cina adalah...
A. Homo Erectus
B. Homo pekinensis
C. Neanderthalensis
D. Homo cro-magnon
E. Logo sapiens

34. Hubungi Mojokertensis yaitu manusia kera dari Mojokerto fosilnya ditemukan di perning Mojokerto Jawa Timur oleh...
A. Eugene Dubois
B. Van Rietschoten
C. Raykond Dart
D. Von Koenigswald
E. Davidson Black

35. Zaman neolitikum disebut sebagai revolusi kebudayaan manusia karena...
A. Masyarakat sudah mulai mengenal kepercayaan
B. Adanya perubahan mata pencaharian dari berburu menjadi bercocok tanam
C. Mulai dikenal sistem barter
D. Masyarakat mulai tinggal di gua-gua
E. Masyarakat sudah menyebar dari wilayah pedalaman ke tepi pantai

36. Zaman logam di Indonesia diawali dengan adanya zaman perunggu logam perunggu sendiri adalah campuran dari dua logam yaitu...
A.  besi dan baja
B. Timah dan besi
C.  timah dan baja
D. Timah dan tembaga
E. Tembaga dan aluminium

37. Pembagian zaman prasejarah ke dalam waktu zaman batu dan zaman logam didasarkan kepada...
A. Kualitas pembuatan dan bahan alat
B. Hasil kebudayaan yang dihasilkan
C. Bukti arkeologis dan bukti sejarah
D. Posisi fosil dan artefak pada lapisan tanah
E. Peninggalan sejarah

38. Salah satu ciri masyarakat pada masa food producing adalah...
A. Bercocok tanam
B. berburu
C. Mengumpulkan makanan
D. Bergantung pada alam
E. Berpindah-pindah

39. Kemahiran membuat alat-alat dari logam oleh manusia purba berlangsung pada masa...
A. Berburu dan meramu
B. Bermukim dan berladang
C. Perundagian
D. Bercocok tanam
E. Berburu dan berpindah tempat

40. Peninggalan kebudayaan paleolitikum di Indonesia ditemukan di daerah...
A. Ngandong dan Trinil
B. Mojokerto dan Trinil
C. Mojokerto dan Pacitan
D. Trinil dan Pacitan
E. Ngandong dan Pacitan

Sabtu, 06 April 2019

PERADABAN MESOPOTAMIA

Mesopotamia

1. Letak
Peta Mesopotamia

Mesopotamia adalah suatu daerah yang terletak di antara dua sungai, yaitu sungai Eufrat dan Tigris (Mezo=tengah, potamus=sungai).[1]Sebagaimana di Mesir, tanah sepanjang sungai itu adalah subur, di luar itu terdapat tanah-tanah gunung yang gersang dan tandus, misalnya gurun Hamad, gurun Nufud yang termasuk Saudi Arabia. Sedangkan di wilayah Timur sungai itu ada pegunungan Elbrus dan Kurdistan. 

2. Penduduk
Daerah di sekitar Mesopotamia didiami oleh rumpun bangsa semit kehidupannya dari berternak dan berdagang. Setelah mendapat tanah-tanah yang subur mereka mulai hidup dari hasil pertanian. Para pedagang dapat melakukan aktivitas perdagangan nya melalui sungai Eufrat dan trigis. Kira-kira tahun 3000 SM daerah Mesopotamia didiami oleh bangsa sumeria. Orang-orang Mesopotamia lebih banyak bertempat tinggal pada kota-kota besar dan juga pada ibu kotanya yang bernama uruk.

3. Pertanian dan pengairan
Peradaban Mesopotamia hidup dari sektor pertanian dengan sistem irigasi nya yang sudah tertata rapi. Pada musim hujan di Mesopotamia terjadi banjir dari kedua sungai banjir meninggalkan lapisan lumpur yang amat subur. Pertanian didukung sistem pengairan yang baik dengan demikian mendorong berkembangnya peradaban.

4. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Sejak didiami oleh bangsa sumeria tahun 3000 SM peradaban Mesopotamia telah memperlihatkan keunggulan di bidang pengetahuan dan teknologi. Keunggulan tersebut tampak dalam hal hal mengenal huruf berupa huruf paku membagi 1 hari dalam 24 jam 1 jam 60 menit 1 menit 60 detik dan 1 tahun 12 bulan atau 354 hari. Selain itu membagi lingkaran menjadi 360° mengenal tata ruang kota. Dalam teknologi misalnya teknik arsitektur dalam membuat bangunan dan mengelola hutan di sebagian besar bangunan dari batu bata dari tanah liat.

5. Perekonomian
Kedudukan wilayah Mesopotamia sangat strategis untuk perdagangan Hal ini karena terletak antara Laut Tengah dan lembah sungai shindu yang telah ramai hubungan dagangnya. Mesopotamia telah melakukan perdagangan luar negeri dengan negeri-negeri di sekitarnya.

6. Pemerintahan
Wilayah Mesopotamia terdiri dari berbagai negara kota yang dipimpin oleh seorang raja yang merangkap sebagai kepala agama. Kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di Mesopotamia antara lain sebagai berikut:
a. Sumeria
Kerajaan sumeria atau bangsa sumeria mendirikan kerajaan dengan pusat pemerintahannya yang terletak di kota lagash dan selanjutnya di kota uruk. Kekuasaan tertinggi dipegang oleh seorang pendeta raja yang disebut patesi.  Kota ini merupakan pusat perekonomian, dengan jaringan dagang yang luas, yang membentang hingga Dilmun (Baqrain) dan kota-kota di tepi sungai Indus. Kapal yang mengangkut emas, tembaga, kayu, gading, dan batuan berharga memasuki Persia melalui kanal-kanal yang menghubungkan kota dengan sungai eufrat. Arsip pencatatan transaksi juga telah terorganisir dalam tulisan-tulisan di lempengan tanah liat. Kekayaan yang dihasilkan perdagangan ini terlihat pada bangunan-bangunan besar yang menghiasi kota itu, terutama ziggurat untuk dwa kota, Ur-Nammu, dan kubur mewah di ‘Makam Kerajaan’.[9] Bangunan kota orang Sumeria menyerupai kota yang ada di India, bangunan kota terbuat dari batu-bata tanah liat. Orang Sumeria juga telah mengenal abjad yang di namakan huruf paku, angka, dan penanggalan.  Penghidupan bangsa Sumeria adalah beternak, berniaga, bertani, dan perlogaman. Mereka mempercayai adanya dewa, seperti dewa langit, bumi, udara, lautan, dan sebagainya.


b. Akkadia
Orang Akkadia ini termasuk rumpun semit dari padang pasir. Awalnya mereka selalu kalah perang dengan orang Sumeria, tetapi saat Akkadia dipimpin oleh Sargon, mereka berhasil mengalahkan Sumeria dan mendiami wilayah Mesopotamia (2340-2180 SM). Walaupun mereka mengalahkan bangsa Sumeria, namun Akkadia tetap menggunakan budaya dan kebiasaan Sumeria, serta berbaur dengan mereka. Tidak jauh berbeda dengan Sumeria, bangsa Akkadia juga mempercayai dewa-dewa dan memiliki cerita tentang Adopa Etana dan Gilgamesh. Perdagangan aktif antara Mesopotamia, Plato Iran, dan lembah sungai Indus diketahui dari penemuan barang dagangan, perhiasan, batu akik, bejana, batu mineral lembut, serta meterai lembah sungai Indus yang ditemukan diseluruh daerah Mesopotamia. Dilmun adalah pelabuhan transit penting di daerah teluk, dan pos perdagangan dari Oman, yang berdagang dengan pelabuhan utama Mesopotamia di ur dan Lagash, serta lembah Indus, penemuan cap meterai  Teluk mencerminkan penyebaran kontak dagang di Teluk.



c. Babbilonia Lama

Bangsa amori yang termasuk rumpun bangsa semit menguasai kerajaan Babylonia lama. Raja hammurabi adalah raja Babilonia terbesar yang berhasil menyusun undang-undang yang dibahas di tiang batu yang disebut  codex hammurabi. Codex Hammurabi berisi ketentuan hukum acara hukum agraria hukum ekonomi dan hukum keluarga. 

Seperti bangsa-bangsa sebelumnya, bangsa Babilonia juga mempercayai dewa-dewa, dengan Marduk sebagai dewa utama. Mereka mempunyai kebiasaan meramal berdasarkan letak bintang dan hati domba. Serta peran pendeta disana sangatlah penting bagi pendidikan. Orang Babilonia juga gemar membangun bangunan, antara lain menara. Namun sesudah Hamurabbi meninggal, Babilonia mengalami kemunduran dan akhirnya bangsa Hatit datang dan menyerang, lalu mendiami beberapa wilayah Mesopotamia.


Codex Hammurabi

d. Assyria

1300 SM orang-orang Assiria ini menjadi kuat dan merdeka. Mereka berhasil meluaskan daerah dan menyerang Damsyik, Tarsus, Lonia, Babilon, Mesir, dan Palestina.
          Kerajaan Assiria merupakan kerajaan terbesar dijamannya. Orang-orang Assiria terkenal suka berperang, karena itu mereka mempunyai banyak musuh, di antaranya Yahudi, Syiria, dan Phunisia.
          Bangsa Assiria juga mempelajari Astrologi yaitu kemahiran meramal nasib dan kejadian-kejadian serta letak bintang-bintang. Mereka menghitung setahun terdiri dari 365,25 hari. Mereka memiliki perhitungan dengan satuan hitung 6 angka. Sedangkan abjad, mereka mengambil dari bangsa sumeria yaitu huruf paku. Perpustakaan pada masa kekaisaran Assiria terdiri dari ubin-ubin tanah liat dengan huruf paku. Dalam bidang Arsitektur, bangsa Assiria memiliki bangunan-bangunan yang indah dengan relief, namun tidak tahan lama dibandingkan bangunan bangsa Mesir.
          Bangsa yang mengandalkan pada kekuatan saja tentu tak dapat bertahan lama, pada tahun 612 SM kota niniveh diserbu oleh bangsa Kaldes, Media, dan Babilon.[15] Pada 612 SM, setelah dikepung selama 3 bulan, Nineveh dan kota-kota lainnya dihancurkan, dan sebuah peradaban agung telah hancur. 

d. Babilonia Baru

Bangsa khaldea atau kerajaan Babilonia baru berhasil merebut kekuasaan dari bangsa assyria pada tahun 612 SM. Kemudian di bawah pimpinan raja nabopolassar membangun kembali kerajaan Babilonia yang disebut dengan kerajaan Babilonia baru. 
Mereka mengalahkan Mesir dan merebut Suriah. Nebukadnezzar menggantikan ayahnya pada 605 SM dan memerintah selama lebih dari 40 tahun. Ia memperluas kota babilon dengan sebuah jalan baru, jalan suci, dan mengembangkan kembali kuil bagi dewa babilon (Marduk). Dan mendirikan istana atas dirinya dengan membuat taman gantung yang terkenal. Dan renovasi menara Babel, ziggurat mengagumkan berlantai Sembilan untuk menggapai surga.[17]
             Sesudah itu babilonia bangkit kembali. Raja Nebukadnezar 612-536 SM membuat kerajaan Babilon baru menjadi besar. Nebukadnezar menyerang Yuda dan banyak pula menawan orang Yahudi.
               Di tanah babilon baru ini ilmu perbintangan juga giat dipelajari bahkan ada 5 planet yang diberi nama menurut dewa-dewa mereka. Mereka juga banyak meninggalkan batu-batu pipih dari tanah liat penuh tulisan.
          Dalam kerajaan babilonia ini perdagangan juga maju. Sesudah Nebukadnezar meninggal kerajaan itu menjadi mundur dan menjadi bulan-bulanan bangsa Media dan Parsi.
Kerajaan Babilonia baru untuk Akibat serangan dari bangsa Persia pada tahun 539 SM. Raja yang terkenal adalah nebucard nezar yang berhasil membangun taman gantung Babilonia.
Taman gantung Babilonia di masa sekarang
e. Persia

Di bawah pimpinan syrus berdirilah kerajaan Persia yang berhasil memperluas wilayah kekuasaannya dengan menaklukkan Babilonia baru dan daerah Asia kecil. Raja Cambysses bisa berhasil mengembalikan ketentraman dalam negeri Persia. Bahkan pada tahun 525 SM berhasil menaklukkan negeri Mesir. Raja yang terkenal dari Persia adalah raja dari di bawah pemerintahannya kerajaan Aceh mencapai masa kejayaan pada masa itu dibangun istana yang megah dan indah di kota suza. Istana tersebut dikenal dengan nama istana persepolis karena mempunyai tangga raksasa untuk memasuki istana. 

Reruntuhan istana Persepolis


6. Tata Kota

Foto-foto yang di bangun sudah teratur seperti penampakan bangunan rumah atau gedung gedung yang teratur rapi jalan jalan lurus dan lebar serta di pinggir jalan terdapat selokan air.  Rumah dan gedung dibangun dengan menggunakan batu bata merah. Penduduk Mesopotamia membangun Pemukiman yang dikelilingi dengan dinding tembok yang tinggi. Negara kota di Mesopotamia adalah Uruk, Eridu, Nippur, Ur, dan Lagash.

7. Kepercayaan

Kepercayaan yang dianut bangsa bangsa di Mesopotamia adalah politeisme. Berkembangnya kepercayaan di masa potamia berawal dari kepercayaan bangsa sumeria. Bangsa sumeria memuja Dewa Dewa seperti Dewa anu atau Dewa Langit atau Dewa Enlil Bumi Dewa Ea atau Dewa Air.

Dibawah ini terdapat video video pembelajaran tentang peradaban kuno. Klik link di bawah ini untuk mendownload;
1. Peradaban Mesir

2. Peradaban China

3. Peradaban Yunani

4. Peradaban suku INCA







Jumat, 05 April 2019

PERADABAN CHINA KUNO

1. Sistem pemerintahan
Pada abad ke-19 sistem pemerintahan Cina berbentuk kekaisaran. Setelah tahun 1912 China berubah menjadi sebuah negara republik.

2. Pertaniam dan perdagangan
Lembah Sungai Kuning merupakan daerah yang sangat subur dan dapat dikatakan sebagai urat nadi kehidupan bangsa Cina. Bangsa Cina kuno telah mengenal sistem pertanian sejak zaman neolithikum yakni sekitar tahun 5000 sebelum Masehi. Pada masa pemerintahan Dinasti Chin 221-206 SM pertanian sudah diusahakan secara intensif. Pada masa itu telah dikenal Pupuk untuk menyuburkan tanah.

3. Aksara
Cina sudah mengenal aksara sejak dinasti Shang. Aksara Cina yang berbentuk piktograf ini termasuk jenis aksara ideograph atau aksara gambar benda. Aksara Cina ditulis di atas kulit penyu dan tulang. Pada zaman dinasti Chou aksara Cina ditulis pada potongan bambu. Cara menuliskannya adalah dari atas ke bawah.

4. Kepercayaan
Bangsa Cina percaya pada banyak Dewa, sebab dewa-dewa memiliki kekuatan alam. Mereka menyembah seperti Dewa Angin Dewa Bukit dewa matahari Dewa gunung Dewa tanah dan lain sebagainya.

5. Pengetahuan dan teknologi
Astronomi berkembang sejalan dengan berkembangnya pelayaran dan pertanian. Astronom Wang Jung bahkan telah menentang pendapat tentang waktu dengan menekankan bahwa gerhana bukan peringatan dari Tuhan Tetapi hanya sebagai gejala alam biasa.
Keramik merupakan ciri khas dari hasil karya masyarakat Cina. Pembuatan benda-benda dari keramik itu mengandung jiwa seni karena pada benda benda keramik terdapat berbagai macam bentuk hiasan seperti guci keramik yang dihias dengan seekor ular naga atau dihias dengan gambar-gambar hewan maupun tumbuhan.
Zaman dahulu bangsa Cina sangat ahli membuat keramik atau gerabah porselen kain sutra kertas dari kayu benda benda dari perunggu dan mesiu. Bangunan-bangunan istana rumah dan tempo kota dibuat dari batu bata.

6. Filsafat
Pemerintahan Dinasti Chou pesawat di Cina mengalami perkembangan. Terdapat tiga ahli filsafat Cina yang terkenal antara lain:
a) Lao Tse dan Taoisme
Ajaran Lao Tse tercantum dalam bukunya Tao Te Ching. Lao Tse percaya bahwa ada semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi. Taoisme mengejar orang supaya ikhlas menerima nasib menurut ajaran ini suka dan duka adalah sama saja Oleh karena itu seorang penganut taoisme dapat memikul suatu penderitaan dengan hati yang tidak berguncang.
b) Kong Fu Tse dan Konfucianisme
Tao adalah suatu kekuatan yang mengatur segala galanya dalam alam semesta ini sehingga tercapai keselarasan. Oleh karena itu setiap orang harus menyesuaikan diri dengan keselarasan agar dalam kehidupan masyarakat dapat keseimbangan. Aturan ini meliputi bidang pemerintahan dan keluarga. Konfusianisme adalah ajaran yang disampaikan oleh Kong Fu Tse menitik beratkan pada perbuatan nyata dalam hidup.
c) Meng Tse dan Mencius
Ajaran Meng Tse merupakan kelanjutan dari ajaran Kong Fu Tse. Meng Tse Memberikan pengetahuan kepada rakyat jelata karena rakyatlah yang terpenting dalam suatu negara. Apabila Raja bertindak sewenang-wenang terhadap rakyat maka Masyarakat berhak mengumkan raja dari tahtanya. Hal ini karena raja tidak mendapat pencerahan Budi dan sudah kehilangan nasehat dari langit. 

7. Pembagian Dinasti China
-Dinasti Shang (1766 SM)
-Dinasti Yin ( 1766-1027 SM)
-Dinasti Chou ( 1027-221 SM)
-Dinasti Chin ( 221-206 SM)
-Dinasti Han (206 SM - 220 M)

8.  Hasil Kebudayaan 

I) Tembok Besar China

Tembok Besar China

Qin Shi Huang adalah penguasa China kuno yang paling kuat, yang juga bertanggung jawab untuk membangun Tembok Besar China. Sejarah Tembok Besar China dimulai ketika dibangun untuk melindungi dinasti Qin yang baru didirikan Qin Shi Huang (221–206 sm) terhadap serangan oleh orang-orang nomaden dari Asia Dalam.
Dinding dibangun dibangun menggunakan cara kerja paksa. Kini Tembok Besar China adalah benteng yang terpanjang di muka bumi. Menurut pengukuran, panjang keseluruhan tembok mencapai 8.850 km. Proyek tersebut juga telah menemukan bagian-bagian tembok lain yang panjangnya 359 km, parit sepanjang 2232 km, serta pembatas alami seperti perbukitan dan sungai sepanjang 2232 km. Rentang rata-rata Tembok Besar China adalah 5000 km.
II) Tentara Terrakota
Patung Pasukan tentara Terrakota

Tentara Terakota dibuat sebagai benda seni untuk pemakaman, yang dikuburkan bersama dengan kaisar pertama dinasti Qin, yaitu Qin Shi Huang. Ia meyakini bahwa para tentara itu akan mengikuti sang kaisar hingga ke akhirat, di mana mereka akan membatu Qin Shi Huang untuk membangun kerajaannya di sana. Pada kompleks pemakaman itu terdapat kurang lebih 8000 patung yang menggambarkan sosok prajurit China lengkap dengan pakaian dan persenjataannya. Selain itu juga terdapat 130 kreta dengan 520 kuda, dan 150 pasukan kavaleri. Seluruh patung itu berdiri berjejer, membentuk barisan yang sangat rapi, di sepanjang makam. Patung-patung disusun dalam tiga lubang, yang terpisah oleh tembok besar. Salah satu hal yang menarik dari patung Tentara Terakota itu adalah bahwa seluruh patung tidak sama satu dengan yang lainnya. Setiap patung memiliki bentuk pakaian, ekspresi wajah, model rambut, hingga perlengkapan, yang berbeda. Pangkat militer setiap prajurit, seperti jenderal, perwira, dan prajurit biasa, dibedakan berdasarkan ukuran tubuhnya. Semakin tinggi ukuran patung tersebut, maka semakin tinggil pangkat militernya. Pembangunan makam itu telah dimulai sekitar tahun 246 SM, ketika usia Kaisar Qin Shi Huang baru 13 tahun. Pembangunan patung dan kompleks pemakaman itu dilakukan oleh 700.000 pekerja selama bertahun-tahun lamanya.
III) Forbidden City
Forbidden City




Kota Terlarang

The Kota Terlarang adalah kediaman keluarga kekaisaran selama dua terakhir Dinasti Ming dan Qing. Namanya berasal dari kenyataan bahwa entri dilarang untuk orang asing untuk istana dan organisasinya seperti sebuah kota kecil. Arsitektur kompleks mengesankan , tapi sebagian besar barang-barang berharga seperti lukisan dan porselen dibawa ke Taiwan oleh Chiang Kai - shek ( JiÇŽng Jieshi dalam bahasa Mandarin ) dan ditampilkan di museum Taipei ( ( Taibei dalam bahasa Mandarin )
Kota Terlarang terletak di utara pusat kota Beijing. Hal ini menuju selatan dan bukit buatan kecil, Bukit Batubara , dibesarkan utara dari Kota Terlarang untuk memenuhi tuntutan geomansi Cina, Fengshui (secara harfiah angin dan air ).
Kota Terlarang adalah 960m panjang dan lebar 750 m. Dinding dari 7 sampai 10m tinggi dan parit yang lebar 52m. Selama pendudukan oleh para kaisar dari dua dinasti terakhir selama lima abad , tidak ada bangunan lain di Beijing tidak bisa melebihi orang-orang dari Kota Terlarang. Courtyard yang diaspal dengan hampir 12 juta batu bata dan Kota Terlarang terdiri dari sekitar 9.000 kamar.
Di bawah ini terlampir video pembelajaran tentang peradaban china kuno klik link di bawah ini
VIDEO PEMBELAJARAN

Rabu, 27 Maret 2019

SOAL MID SEMESTER GENAP 2019 SEJARAH KELAS XI

ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2019
MATA PELAJARAN SEJARAH
KELAS XI

1. Yang termasuk ke dalam triple
entente adalah...
a. Jerman, Austria-Hungaria, Italia
b. Jerman, Inggris, Prancis
c. Jerman, Austria-Hungeria, Inggris
d. Inggris, Italia, Rusia
e. Inggris, Prancis, Rusia

2. Sebab khusus terjadiya perang dunia I adalah tertunuhnya putra mahkota Austri-hongaria
yang dibunuh oleh Gavrilo Princip. Gavrilo Princip merupakan seorang yang berkebangsaan...
a. Sarajevo
b. Serbia
c. Inggris
d. Rusia
e. Jerman

3. Berikut ini yang bukan merupakan isi dari perjarjian versailes adalah..
a. Angkatan perang Jerman di perkecil
b. Jerman menyerahkan Alsace-Lorraine kepada Prancis
c. Danzig dan sekitarnya menjadi kota yang merdeka di bawah LB8
d. Jerman dibagi menjaci dua yeitu Jerman Barat dan Jerman Timur
e. Kapal perang dan kapal dagang milik Jerman di serahkan kepda Irggris

4. Perjanjian Trianon merupakan perjanjian antara pihak sekutu dengan..
a. Hungaria
b. Jerman
c. Italia
d. Austria
e. Turki

5. Perang dunia I telah menimbukan dampak yang amat besar bagi perkembangan dunia. Salah satu dampak politik PD II adalah...
a. banyaknya korban jiwa di berbagai negara di eropa yang teribat perang
b. naiknya hutang luar negeri setiap negara yang berperang
c. jatuhnya rezim kekuasaan Amerika serikat di Eropa
d. trauma berkepanjangan akibat perang yang melanda eropa
e. lahirnya negara negara baru seperti polandia dan Austria

6. Liga Bangsa-bangsa atau LBB adalah organisasi internasional yang memiliki secretariat tetap di..
a. London, Inggris
b. Paris, Prancis
c. Moskow, Rusia
d. Jenewa, Swiss
e. Amsterdam, Belanda

7. Perang dunia II terjadi antara tahun 1939-1945. Yang menjadi pemicu atau sebab khusus kawasan Eropa adalah...
a. Jerman melakukan serangan kilat ke Polandia
b. Jerman melakukan invasi perang ke daerah Rusia
c. Jerman melakukan serangan kilat ke Hungaria
d. Jepang menyerang pangkalan perang Amerika serikat
e. Jepang menyerang pangkalan perang Inggris

8. Perang dunia II terjadi antara tahun 1939-1945. Yang menjadi pemicu atau sebab khusus perang dunia II kawasan Asia adalah...
a. Jerman melakukan serangan kilat ke Polandia
b. Jerman melakukan invasi perang ke deerah Rusia
c. Jerman melakukan serangan kilat ke Hungaria
d. Jepang menyerang pargkalan perang Amerika serikat
e. Jepang menyerang pargkalan perang Inggris

9. Pearl Harbour adalah angkatan perang milik Amerika Serikat yang terletak di...
a. Asia terggara
b. Kep. Riau
c. Kep. Solomon
d. kep. Seribu
e. Kep. Hawai

10. Tokoh faham fasisme dari Italia yang sangat berpengaruh dalam perang dunia II adalah..
a. Adolf Hitler
b. Jenderal Rommel
c. Winston Churcil
d. Benito Mussolini
e. Joseph Stalin

11. Konferensi yang menjadi fondasi berdirinya PBB adalah...
a. Konferensi Atlantik
b. Konferensi Casablanca
c. Konferensi Yalta
d. Konferensi Kairo
e. Konerensi Teheran

12. Bantuan ekonomi dan milliter yang diberikan Amerika Serikat untuk membantu negara turki dan yunani adalah...
a. Molotov Plan
b. NATO
c. Truman Doctrine
d. Marshall Plan
e. SEATO

13. Organisasi PBB yang menangani masalah dunia tentang pendidikan dan kebudayaan adalah...
a. ILO
b. IMF
c. IBRD
d. UNESCO
e. UNICERF

14. Perhatikan data di bawah ini !
(1) Kegagalan LBB dalam menciptakan perdamaian
(2) Perlombaan untuk mencari daerah jajahan
(3) Kebangkitan Jerman
(4) Adanya politik aliansi atau mencari kawan
Yang termasuk dalam sebab umum terjadinya perang dunia II ditunjukkan oleh nomor...
a. 1), 2), 3)
b. 1), 3), 4)
c. semua benar
d. 2), 3), 4)
e. 1), 2), 4)

15. Berikut yang tidak termasuk penyebab kegagalan LBB adalah..
a. Tidak adanya peraturan yang mengikat
b. tidak mempunyai alat kekuasaan yang nyata
c. sangat tegas terhadap negara yang melanggar perjanjian
d. terlalu lemah kepada negara besar
e. adanya pergerakan tujuan dari masalah perdamaian ke masalah politik

16. Salah satu dampak perang dunia II di bidang politik adalah...
a. Amerika serikat dan Uni soviet muncul sebagai egara superpower
b. munculnya politik Colombo plan
c. munculnya gerakan gerakan sosial
d. Amerika Serikat menjadi salah satu negara kreditur terbesar
e. munculnya marshall Plan

17. Salah satu dampak perang dunia II di bidang ekonomi adalah...
a. Amerika serikat dan Uni soviet muncul sebagai negara superpower
b. munculnya politik Colombo plan
c. munculnya gerakan gerakan sosial
d. Amerika Serikat menjadi salah satu negara kreditur terbesar
e. munculnya marshall Plan

18. Perang dingin adalah perang politik antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang berakhir pada tahun...
a. 1980
b. 1970
C. 1960
d. 1975
e. 1985

19. Dekolonialisasi yang terjadi di Mesir adalah dampak positif adanya perang dunia II. Masalah Mesir yang menjadi alasan bagi kemerdekaan mesir adalah...
a. Keinginan mesir untuk mengusir Prancis
b. Keiningan mesir untuk menasionalisasi situs pyramid
c. Keinginanmesir untuk menasionalisasi terusan Suez
d. Keinginanmesir untuk mengusir Rusia
e. Keinginan Mesir untuk mengusir Amerika Serikat

20. North Atlantic Treaty Organization atau NATO adalah pakta pertahanan militer Amerika Serikat yang berada
a. Atlantik timur
b. Atlantik tenggara
c. Atlantik utara
d. Atlantik barat
e. Atlantik selatan


21. The Tydings-McDuffie Act merupakan penetapan tantang pemberian kemerdekaan yang diberikan Amerika Serikat kepada negara...
a. Thailand
b Libia
c Vietnam
d. Filipina
e. Mesir

22. Perang Vietam adalah salah satu dari dampak perang dingin, Ho chi minh adalah pemimpin dari Vetnam yang berkdeologi komunis yatu...
a. Vietnam Utara
b Vietnam Timur
c. Vietnam
d. Vietnam Barat
e. Vietnam Selatan

23. Pada saat perang dunia II Libia adalah wilayah konfik, Setelah Perang duna II usai pemimpin milter
menggulingkan kekunsaan raja, siapakah pemimpin militer tesebut...
a. Muhammad tdris
b Gamal Abdul Naser
c. Imam Khomeini
d. Saddam Husein
e. Muamar Khadafi

24. Thiple alliance adaiah negara negara yang terlibat delam perang dunia I. Yang termasuk ke dalam triple alliance adatah...
a Jerman, Austria-Hungaria, Italia
b. Jerman, Inggris, Prancis
c Jerman, Austria-Hungaria, Inggris
d. Inggris, Italia, Rusio
e Inggris, Prancis, Rusia

25. Perhatikan data berikut !
1) Pakistan: Muhammad Ali Jinnah
2) Yugoslavia: Joseph Bros Tito
3) Si Lanka : Sir John Kotelawala
4) India : Padit Jawahartal Neru
5) Mesir : Gamal Abdul Naser
Negara-negara yang memprakarsai berdirinya KAA (Konterensi Asia Arika) adaiah....
a. 1), 2), 3)
b. 1), 3), 4)
c. 2), 3), 4)
d. 3), 4), 5)
e. 2), 4), 5)

26. Perhatikan data berikut !
1) Pakistan: Muhammad Ali Jinnah
2) Yugoslavia: Joseph Bros Tito
3) Si Lanka : Sir John Kotelawala
4) India : Padit Jawahartal Neru
5) Mesir : Gamal Abdul Naser
Negara-negara yang memprakarsai berdirinya GNB (Gerakan Non Blok) adalah...
a. 1), 2), 3)
b. 1), 3), 4)
c. 2), 3), 4)
d. 3), 4), 5)
e. 2), 4), 5)

27. Dampak Perang Dunia 2 yang sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan ekonomi dunia adalah...
a. AS dan Uni soviet menjadi negara superpower
b. AS menjadi negara kreditur terbesar 
c. Banyaknya tambang minyak di timur tengah yang rusak
d. Politik mencari kawan untuk memperlancar perekonomian
e. Pembentukan organisasi regional seperti ASEAN

28. Bantuan ekonomi dan militer yang diberikan Amerika Serikat untuk membantu negara-negara di Eropa adalah...
a. Molotov plan
b. NATO
c Truman Doctrine
d. Marshall plan
e. SEATO

29. Bantuan ekonomi dan militer yang diberikan Uni Soviet untuk membantu negara-negara di Eropa timur adalah...
a. Molotov plan
b. NATO
c Truman Doctrine
d. Marshall plan
e. SEATO

30. Perang Diponegoro terjadi antara tahun 1825 sampai 1830 membuat pemerintah Hindia Belanda kehabisan dana. Untuk mengakhiri perang Hindia Belanda menawarkan untuk berdamai . Jenderal yang menemui Pangeran Diponegoro untuk melakukan perjanjian namun akhirnya berkhianat adalah...
a. Van der capellen
b. Van den bosch
c. Van den berg
d. Marcus de kock
e. Van deventer

Rabu, 13 Februari 2019

SOAL TRY OUT


Kompetensi Dasar

3.1 Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI

3.2 Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965

4.1 Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah

4.2 Menuliskan peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965
Perjuangan Bangsa Indonesia Dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa dan Negara RI
Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
Upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan keutuhan wilayah NKRI
Tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965
Membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto peristiwa, tokoh-tokoh nasional dan daerah serta film dokumenter  tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI
Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan  yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi  tentang  perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI  serta peran tokoh Nasional dan Daerah  dalam perjuangan  mempertahankan negara dan bangsa Indonesia 1945-1965
Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI , serta peran tokoh Nasional dan Daerah  dalam perjuangan  mempertahankan negara dan bangsa 1945-1965 melalui bacaan, dan atau internet  serta sumber sejarah lain
Mengevaluasi  informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari  sumber-sumber terkait lainya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI, serta peran tokoh Nasional dan Daerah dalam perjuangan  mempertahankan negara dan bangsa 1945-1965 
Melaporkan hasil rekonstruksi dalam bentuk cerita sejarah tentang perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI dan  tulisan sejarah tentang salah satu tokoh Nasional dan Daerah dalam mempertahankan keutuhan Indonesia 1945-1965


3.3 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal

3.4 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

4.3 Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis

4.4 Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis
Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan Sampai dengan Demokrasi Terpimpin
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
Membaca buku teks, melihat foto-foto peristiwa, dan film dokumenter tentang Indonesia pada masa awal kemerdekaan, Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan  yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi  tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin
Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan demokrasi terpimpin melalui bacaan, dan atau internet  serta sumber sejarah lain
Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin
Melaporkan hasil rekonstruksi dan hasil penelitian sederhana dalam bentuk tulisan tentang perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin





Download soal try out sejarah indonesia di bawah ini

KISI-KISI USBN 2019


Silabus dan kisi-kisi USBN 2019


A. Silabus
Pembelajaran
Pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik merupakan kerangka pembelajaran, sebagai bentuk adaptasi dari langkah-langkah ilmiah. Model pembelajaran yang diperlukan adalah pembelajaran yang memberikan ruang bagi pembiasaan kecakapan berpikir ilmiah sehingga mampu mengembangkan kemampuan menemukan (sense of inquiry) dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Pendekatan saintifik lebih menekankan pada proses pembelajaran bagaimana pengetahuan itu diperoleh daripada hasil pengetahuan itu sendiri.
Proses pembelajaran dapat diidentikkan dengan proses saintifik jika berbasis pada bukti-bukti dari objek yang dapat diobservasi, empiris, dan terukur dengan prinsip-pinsip penalaran yang spesifik. Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki beberapa langkah, yang mana pada setiap langkah melekat keterampilan khusus untuk kemudian dipelajari dan di terapkan secara bertahap oleh peserta didik yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan sumber/informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

Kompetensi Dasar

3.1 Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI

3.2 Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965

4.1 Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah

4.2 Menuliskan peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965
Perjuangan Bangsa Indonesia Dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa dan Negara RI
Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
Upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan keutuhan wilayah NKRI
Tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965
Membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto peristiwa, tokoh-tokoh nasional dan daerah serta film dokumenter  tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI
Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan  yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi  tentang  perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI  serta peran tokoh Nasional dan Daerah  dalam perjuangan  mempertahankan negara dan bangsa Indonesia 1945-1965
Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI , serta peran tokoh Nasional dan Daerah  dalam perjuangan  mempertahankan negara dan bangsa 1945-1965 melalui bacaan, dan atau internet  serta sumber sejarah lain
Mengevaluasi  informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari  sumber-sumber terkait lainya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI, serta peran tokoh Nasional dan Daerah dalam perjuangan  mempertahankan negara dan bangsa 1945-1965 
Melaporkan hasil rekonstruksi dalam bentuk cerita sejarah tentang perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI dan  tulisan sejarah tentang salah satu tokoh Nasional dan Daerah dalam mempertahankan keutuhan Indonesia 1945-1965


3.3 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal

3.4 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

4.3 Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis

4.4 Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis
Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan Sampai dengan Demokrasi Terpimpin
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
Membaca buku teks, melihat foto-foto peristiwa, dan film dokumenter tentang Indonesia pada masa awal kemerdekaan, Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan  yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi  tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin
Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan demokrasi terpimpin melalui bacaan, dan atau internet  serta sumber sejarah lain
Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin
Melaporkan hasil rekonstruksi dan hasil penelitian sederhana dalam bentuk tulisan tentang perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin

B. Kisi-kisi

Kisi kisi usbn sejarah indonesia 2019 klik disini

SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (SEMESTER GENAP) SEJARAH INDONESIA KELAS XI

1) Untuk menguasai kawasan Asia Pasifik Jepang menyerang pangkalan Amerika, dikawasan Asia Pasifik. Peristiwa penyerangan Jepang terhadap pa...